MTsN 4 Banjarnegara Adakan Pelatihan Robotik Bagi Siswa MI/SD

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – MTs Negeri 4 Banjarnegara pada hari Minggu, (29/1/2023) mengadakan pelatihan robotik bagi siswa MI /SD. Pelatihan diikuti oleh 60 siswa MI/SD yang berasal dari wilayah Kecamatan Rakit, Punggelan, Bawang, dan Wanadadi. Pelatihan tersebut dilaksanakan sekitar pukul 08.00 WIB bertempat di ruang aula madrasah. Adapun tujuannya adalah menyosialisasikan program madrasah di bidang robotika sekaligus menjaring peserta didik yang mempunyai bakat di bidang robotika.

Acara diawali dengan sambutan Kepala MTsN 4 Banjarnegara. Dalam sambutannya, Kepala Madrasah, Sidik Wibowo Akhmad, menyampaikan rasa gembiranya dan ucapan terima kasih kepada para peserta yang hadir dan mengenalkan tentang madrasah serta program ekstrakurikuler yang ada di MTsN 4 Banjarnegara yang berjumlah 24 macam, salah satu di antaranya adalah ekstrakurikuler robotika.

“Selamat datang kepada para peserta pelatihan, kami ucapkan terima kasih atas kehadirannya. Salah satu manfaat dan tujuan dari ekstrakurikuler robotika adalah agar kita mampu berpikir kritis dalam segala hal,” ujar Sidik Wibowo Akhmad, Kepala Madrasah.

“Saya gembira sekali atas antusiasme anak-anak semua yang sudah datang untuk mengikuti pelatihan robotika ini, semoga pelatihan dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan dasar tentang robotika dan pada saatnya kalian bisa mendalami serta berinovasi sendiri untuk mengembangkan kemampuan teknik robotika,” ucap Sidik Wibowo, kepala madrasah.

Selanjutnya adalah penyampaian materi dasar tentang prinsip kerja robotik oleh salah satu pembina ekstrakurikuler robotika yaitu Mukhsin Iwan Setiawan.

“Robotika mempunyai cakupan yang lebih luas dari elektronika yaitu meliputi cakupan mekanik, elektronika, dan komputer,” demikian salah satu isi materi yang disampaikan oleh Iwan Setiawan.

Sementara itu, Wahyu Amirudin selaku Narasumber sekaligus pembina ekstrakurikuler robotika, memberikan materi berupa dasar pemrograman robotika. Tujuannya adalah agar siswa mengenal dasar program robotik, dan mengenal dasar-dasar perangkat pengendali rangkaian robotik.

Setelah materi yang berupa teori dasar robotika, selanjutnya siswa melakukan praktik langsung membuat program untuk mangatur nyala lampu otomatis yang dibimbing oleh Wahyu Amirudin.

Usai pelatihan sekitar pukul 10.30 WIB, diadakan sesi foto bersama semua peserta dengan kepala madrasah, panitia penyelenggara dan narasumber, serta siswa-siswi MTsN 4 Banjarnegara yang tergabung dalam kelompok ekstrakurikuler robotik.

“Alhamdulillah acara workshop/pelatihan berjalan lancar dan mendapat sambutan yang positif dari siswa SD dan MI, terlihat dari banyaknya peserta yang hadir mengikuti. Nampak para siswa sangat antusias mengikutinya, dan semoga kegiatan ini bermanfaat,” ujar Sarif Hikmayanto, Waka Kesiswaan MTsN 4 Banjarnegara menyampaikan tanggapannya kepada Tim Jurnalistik Membara.

Perlu diketahui bahwa beberapa waktu yang lalu MTs Negeri 4 Banjarnegara mendapatkan penghargaan sebagai madrasah Robotik. Penghargaan disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, H. Karsono, usai pelaksanaan Upacara Hari Amal Bakti Kementerian Agama yang ke-77.  (Khm/rf)