Ngalap Berkah, MTs N 1 Banjarnegara Sambangi Lima Calon Haji Kabupaten Banjarnegara

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara–Seperti yang pernah dijelaskan oleh Syaikh Ar-Ruhaibani dalam kitab karyanya Mathalib Ulin Nuha yang menjadi penjelasan kitab Ghayati Muntaha menuturkan tentang kesunahan mengantar orang haji dan menitipkan juga meminta untuk mendoakannya maka keluarga MTs Negeri 1 Banjarnegara pada Senin (12/6) menyambangi lima keluarga di kementerian agama kabupaten Banjarnegara yang akan melaksanakan ibadah haji.

Lima keluarga tersebut adalah H. Sumarna yang merupakan Ketua komite MTs Negeri 1 Banjarnegara, H. Jarnudin yang pengurus komite Madtsansa, tiga pejabat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara.

Yuniyati, pelaksana harian Kepala MTs Negeri 1 Banjarnegara menyampaikan bahwa kegiatan tahniah untuk keberangkatan haji merupakan salah satu bentuk menjaga tali silaturahmi.

“Bertahniah kepada kerabat dan keluarga yang hendak melaksanakan ibadah haji insya Allah kita niatkan sebagai penguat tali silaturahmi. Semoga mendapat ridho dari Allah Swt dan semoga akan dapat terus kita laksanakan,” ucap Yuniyati.

“Kita juga ngalap berkah kepada beliau beliau yang akan melaksanakan ibadah haji, semoga kita yang belum mendapatkan panggilan ke tanah suci akan disegerakan diundang oleh Allah, Amiin,” imbuh Yuniyati.

Sementara menurut Ahmad Munir Effendi yang bertugas membacakan doa dalam kegiatan tahniah Madtsansa mengaku ikut terharu setiap kali bersilaturahmi keberangkatan ibadah haji.

“Saya ikut terharu dan bahagia tentunya, untuk keberangkatan keluarga kita yang akan melaksanakan ibadah haji. Semoga Allah membekali dengan takwa, mengampuni dosa, dan memudahkan dalam jalan kebaikan di mana pun berada.” Ungkap Ahmad Munir Effendi.

Selanjutnya Ahmad Munir Effendi juga menyampaikan harapannya semoga seluruh keluarga yang akan melaksanakan ibadah haji dapat menjadi haji yang mabrur dan mabruro.

Sumarna yang merupakan ketua komite MTs Negeri 1 Banjarnegara menyampaikan apresiasi atas kunjungan keluarga Madtsansa yang diwakili oleh 10 orang guru dan pegawai.

“Alhamdulillah, terima kasih atas silaturahmi dari keluarga besar MTs Negeri 1 Banjarnegara. Saya sangat bahagia dan tentunya bersyukur bahwasanya keluarga besar Madtsansa telah mendoakan saya dan istri saya. Semoga meringankan langkah kaki kami dalam beribadah.” Ucap H. Sumarna yang hendak melaksanakan ibadah haji untuk ketiga kalinya.

Jarnudin yang juga pengurus komite MTs Negeri 1 Banjarnegara tak kuasa menahan air mata saat menerima keluarga besar Madtsansa.

“Masya Allah…saya sangat terharu. Saya juga sangat bersyukur, di usia saya yang sudah sangat lanjut ini Allah mengundang saya dan istri saya untuk melaksanakan ibadah haji. Semoga Allah meridhoi niat kami dan semoga keluarga besar MTs Negeri 1 Banjarnegara baik yang sudah apalagi yang belum akan segera diundang oleh Allah Swt untuk ke tanah suci. “ ucap H. Jarnudin berkaca-kaca.

Nasiah Ningrum guru BK senior Mts negeri 1 Banjarnegara yang ikut dalam kegiatan tahniah menyampaikan bahwa ibadah haji memang ibadah yang berat tapi sangat dirindukan.

“Beribadah haji memang berat. Selain fisik, finansial dan juga bekal pengetahuan harus disiapkan sebaik mungkin oleh jamaah haji tentu agar ibadah hajinya berjalan lancar dan pulang membawa predikat mabrur. Namun, meskipun berat… ibadah ke tanah suci ini sungguh selalu dirindukan. Apalagi bagi yang sudah pernah, tentu kerinduan itu jauh lebih terasa. Ingin kembali ke sana …ingin dan ingin lagi…”. Ungkap guru yang akrab disapa Bu Nani kepada tim Warta Madtsansa. (Fy/rf)