Peduli Bencana, MTsN 4 Banjarnegara Berikan Bantuan Kepada Korban Tanah Longsor di Dusun Guruh, Sawangan, Kec. Punggelan, Banjarnegara

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – MTs Negeri 4 Banjarnegara memberikan bantuan untuk para pengungsi bencana tanah longsor di Dusun Guruh, Desa Sawangan, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara pada Senin, (31/10). Bantuan berupa sembako, peralatan mandi, sarung, dan pakaian pantas pakai, diserahkan oleh siswa-siswi perwakilan OSIS didampingi Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Sarif Hikmayanto, dan Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Chuzaemah. Bantuan diberikan langsung kepada para pengungsi yang terdiri dari 4 kepala keluarga disaksikan perangkat desa setempat.

Menurut Kepala MTsN 4 Banjarnegara, Sidik Wibowo Akhmad, kegiatan sosial yang dilakukan oleh OSIS tersebut sebagai wujud kepedulian madrasah atas musibah khususnya yang menimpa warga Dusun Guruh, selain itu juga untuk menanamkan kepada siswa agar berempati kepada orang lain yang terkena musibah.

“Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian madrasah kita atas musibah yang menimpa warga Dusun Guruh, sekaligus melatih anak-anak agar peduli dan berempati atas musibah yang menimpa orang lain,” ujar Sidik Wibowo.

Sementara itu, Sarif Hikmayanto menjelaskan bahwa bantuan sosial untuk bencana di Dusun Guruh merupakan donasi dari para siswa dan dewan guru.

“Ya, itu merupakan donasi dari siswa-siswi dan bapak ibu guru MTsN 4 Banjarnegara. Mereka memberikannya dengan ikhlas untuk disumbangkan kepada korban bencana tanah longsor di Dusun Guruh. Semoga bantuan yang tidak seberapa ini bisa meringankan dan bermanfaat bagi penerimanya,” ujar Sarif Hikmayanto kepada Tim Jurnalistik Membara.

Tim Bantuan Sosial MTs Negeri 4 Banjarnegara berangkat menuju Dusun Guruh sekitar pukul 11.00 WIB. Mereka merupakan perwakilan OSIS didampingi oleh Sarif Hikmayanto selaku Waka Kesiswaan dan Chuzaemah, Waka Kurikulum. Sesampai di Dusun Guruh, tim menuju sebuah rumah yang merupakan tempat pengungsian warga. Bantuan yang berupa sembako, peralatan mandi, dan pakaian pantas pakai diserahkan langsung kepada para pengungsi disaksikan langsung oleh perangkat desa setempat.

Salah satu warga penerima, Sigit, mengucapkan terima kasihnya atas bantuan dari MTsN 4 Banjarnegara  tersebut.

“Terima kasih kepada keluarga besar MTsN 4 Banjarnegara, semoga semakin sukses, barokah, siswa-siswanya tambah pintar,” ucap Sigit.

Seperti diketahui, pada tanggal 19 Oktober 2022 telah terjadi tanah longsor di Dusun Guruh, Desa Sawangan, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Bencana tanah longsor tersebut menimpa dua rumah, dengan korban seorang meninggal dan dua lainnya luka-luka. Selain korban, terdapat juga empat kepala keluarga lain yang mengungsi dan sementara ditampung di sebuah rumah yang merupakan rumah salah satu kerabat para pengungsi tersebut. Empat kepala keluarga yang mengungsi tersebut merupakan warga Dusun Guruh yang tempat tinggalnya berada di titik yang dikhawatirkan rawan longsor. (ak/bd)