Karanganyar – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Wiharso, melantik Tohari, S.Ag sebagai Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Karanganyar, Bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Kamis, 1/12/2022. Hadir dalam acara pelantikan tersebut Kasubbag TU, Kasi, Penyelenggara, Pengawas, Kepala MAN, Kepala MTsN dan Kepala MIN 1 Karanganyar.
Wiharso dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Kepala MIN 2 Karanganyar yang baru, semoga bisa amanah dalam mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai kepala madrasah yang baru.
Beliau menyampaikan bahwa Seorang Kepala Madrasah yang baik akan menjadi sokoguru, menjadi visioner, maka setelah dilantik menjadi Kepala Madrasah maka semua tanggung jawab proses pendidikan dan pembelajaran di kelas adalah menjadi tanggung jawab Kepala Madrasah
“Kepala madrasah harus selalu menangkap dan meng-update diri atas perubahan-perubahan global agar dapat berinovasi mengikuti perkembangan zaman.
Diantara beberapa poin penting dalam pakta integritas tersebut adalah kepala madrasah harus melaksanakan dan menggunakan anggaran sesuai dengan DIPA secara efektik dan efisien. Dan juga apabila dalam pelaksanaannya terjadi pelanggaran maka akan dikenakan sanksi sesuai peratuan perundangan yang berlaku,” jelas Wiharso.
Menurut Kakankemenag, tugas Kepala Madrasah diantaranya membimbing perkembangan guru secara terus menerus sehingga mengenal dan mampu melaksanakan dengan lebih baik segenap tugas pengajaran sehingga mereka akhirnya mampu membimbing murid untuk dapat berpartisipasi didalam masyarakat.
“Sesungguhnya Proses Pembelajaran itu dapat berjalan meskipun tidak ada guru didalam kelas, akan tetapi bagaimana kita dapat menanamkan semangat dan kesadaran belajar kepada anak didik sejak dini sehingga meskipun guru tidak atau belum berada di dalam kelas, proses pembelajaran dapat berjalan,” imbuhnya.
Dan terakhir, Kakankemenag Karanganyar berpesan kepada segenap ASN yang hadir dalam pelantikan bahwa tusi yang sudah diamanahkan harus dikerjakan dengan penuh tanggung jawab, Berorientasi Pelayanan, memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat, ramah, cekatan, solutif, dan dapat diandalkan, kemudian melakukan perbaikan tiada henti.(ida/sua)