Pelatihan Bouquet Beri Peluang DWP Tingkatkan Income

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Endang Setyowati selaku Pengurus Bidang Ekonomi DWP Kankemenag Kota Semarang, Kamis (24/8/2023), mengikuti Pelatihan Bouquet yang diselenggarakan di Aula Dinas Arsip dan Perpustakaan Prov. Jateng Lantai 4.

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh DWP Kota Semarang, dan diikuti oleh 40 peserta dari UP DWP se-Kota Semarang.

Pada kegiatan Pelatihan Bouquet itu, peserta diajarkan merangkai bouquet uang. “Kami tadi belajar bersama membuat bouquet uang. Jadi setiap lembaran uang kertas dimasukkan ke dalam kantung plastik bening dengan size yang pas dengan ukuran uang kertas. Setelah itu, masing-masing uang yang sudah terbungkus tersebut diberi tankai dari bahan tusuk sate. Jika sudah, kemudian uang yang sudah bertangkai tersebut ditusukkan ke dalam busa yang telah kita siapkan. Kita tata atau rangkai sedemikian rupa supaya berbentuk seperti kipas,” terangnya.

“Selain itu, kita siapkan pula kertas berukuran agak besar, kitapotong-potong sesuai kebutuhan, kemudian kita gulung agak lebar. Kerrtas-kertas ini kemudian kita rangkai sebagai latar dari rangkaian uang kertas tadi. Jika sudah, agar terlihat rapi, bagian bawahnya yang ada busanya tadi, kita bungkus lagi dengan kertas/kain lainnya, dan dihiasi pita pengikat dengan warna yang menonjol. Jadi deh bouquet uang” imbuhnya sembari menunjukkan hasil rangkaiannya.

Menurutnya, bouquet yang dibuatnya bisa menjadi ungkapan ucapan selamat, terima kasih, atau hal lainnya. “Misal ada teman atau saudara atau keluarga kita yang berulang tahun, kita bisa memberikan bouquet tersebut. Atau juga ungkapan terima kasih, tanda cinta, dan ungkapan hati lainnya,” ujarnya.

“Jika hal ini kita tekuni, bisa berhasilguna, dan bisa menambah income, sehingga mampu meningkatkan perekonomian keluarga,” pungkasnya.(Endang/NBA/bd)