Kepala Kankemenag Karanganyar Berikan Pembinaan Kepala MI se-Kab Karanganyar

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Karanganyar – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Hanif Hanani membuka Pembinaan Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kabupaten Karanganyar di Aula Kemenag Karanganyar pada Rabu, 23//2023.

Hanif menyampaikan terima kasih atas kehadiran bapak & ibu kepala MI. Hanif mengawali sambutannya dengan pertanyaan Kenapa tak satupun MI berpartisipasi pada Festival Sepeda Hias SD se-kab Karanganyar yang diselenggarakan Pemkab. Karanganyar, Dan Para kamad serentak menjawab tidak ada info yang disampaikan ke Semua MI.

Selanjutnya Hanif memberikan apresiasi setinggi-tingginya pada MI Muhammadiyah Karanganyar,   yang telah membanggakan Kemenag Karanganyar dengan prestasinya maju ke KSM tingkat Nasional di Kendari.

“Kami menyayangkan kekurangaktifan MI kabupaten Karanganyar dalam Madrasah Fairs. Padahal itu ajang dan moment untuk menunjukkan jati diri Madrasah Ibtidaiyah di mata masyarakat Dunia,” ujar Hanif.

Hanif mencontohkan laskar pelangi sebagai guru yang memiliki daya juang tinggi.

“Guru yang memiliki daya juang tinggi mampu menyalakan semangat anak didik untuk memiliki keteguhan, ketekunan dan keinginan kuat meraih cita-cita,“ tuturnya.

“Yang mampu bertahan hidup bukanlah yang paling kuat dan paling pintar tapi yang paling responsif terhadap perubahan. Begitu Teori Charles Darwin,“ lanjutnya.

“Zaman sudah berubah, kita harus membekali anak dengan pengetahuan untuk keperluan 30 tahun ke depan.  Suatu teori mengatakan pendidikan yang tidak tepat, akan menghilangkan satu generasi. Pak Kakanwil pernah mencuatkan gagasan “madrasah besar ngemong madrasah kecil,” pungkasnya.

Untuk menutup pembinaan , Hanif menyampaikan bahwa Bangsa yang eksis, harus mampu  mempertahankan pendidikan karakternya. (Ida/sua)