Pembelajaran Berdiferensiasi Gali Potensi Siswa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes H. Mad Soleh berikan arahan dan bimbingan sekaligus menutup secara resmi kegiatan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Madrasah Ibtidaiyah Kec. Sirampoq di Aula MI Tamrinusyibyan Benda Kec. Sirampoq. Kamis, (14/09/2023)

Kegiatan ini turut di hadiri oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah H. Imam Ghozali, Pengawas Madrasah Kecamatan Sirampoq H. khusnuddin dan pengawas madrasah Kec. Paguyangan Hj. Mahmudah serta 16 orang peserta dari kepala madrasah ibtidaiyah se-Kecamatan Sirampoq.

Dalam sambutannya, saat membuka kegiatan PKB KKM MI  Kec. Sirampoq, menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta dan penyelenggara kegiatan. Ia berharap kepada kegiatan ini dapat dilaksanakan secara baik, transparan. akuntabel dan tepat sasaran serta diikuti dengan serius sehingga ilmu yang diperoleh dapat diterapkan di madrasah masing-masing.

“Semoga ilmu yang didapatkan oleh kepala dari acara ini dapat diterapkan bersama guru di madrasahnya dalam pembelajaran di madrasah untuk mewujudkan madrasah hebat bermartabat dan madrasah mandiri berprestasi,” harap Mad Soleh.

Lebih lanjut Mad Soleh menyampaikan bahwa Kegiatan PKB KKM MI ini merupakan salah satu upaya Kementerian Agama untuk meningkatkan kualitas pendidikan, dan juga sebagai upaya meningkatkan kualitas guru agar mampu beradaptasi dengan pesatnya perkembangan zaman saat ini.

PKB nya tentang kewirausahaan dimana pendidikan bagi anak-anak di dorong untuk memberikan wawasan kewirausahan guna mendukung implementasi kurikulum merdeka belajar. Dimana fokusnya pada pembelajaran karakter guna pembentukan kepribadian yang kuat dan baik. Yang muara akhirnya terciptanya madrasah  ramah anak yang bebas dari kekekerasan baik fisik. psikis maupun medsos.

“Jadikan kegiatan ini sebagai ajang dalam meningkatkan kualitas diri guru dengan sebaik baiknya, ambil momentum ini untuk memperkaya diri dengan ilmu agar kualitas pembelajaran dengan mengedepankan prestasi belajar siswa tercapai dengan baik.” jelas Mad Soleh.

Selain itu, Mad Soleh juga menyampaikan pentingnya moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari, apalagi bagi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN). Untuk itu para guru agar lebih waspada atas pengunaan sosial media oleh anak jangan sampai terjadi kekerasan dalam cyber. Untuk itu setiap madrasah harus menjaga  dan  mencegah  terjadinya kekerasan disetiap sekolah atau madrasah masing-masing. Hati-hati dalam memberikan hukuman terhadap anak. Pesanya gunakan sosial media madrasah guna syiar madrasah untuk seluruh kegiatan yang dilaksanakan.

“Kita sebagai manusia moderat harus berada di tengah-tengah, tidak condong ke kanan atau kiri, tolong jaga kepercayaan dari masyarakat dengan memberikan pendidikan dan pengajaran terbaik kepada siswa, Meningkatakan kualitas pembelajaran yang di mulai dari para pendidik dan pengajar guna mendukung siswa yang kreatif dan inovatif. Mulailaiah pembelajaran dengan metode deferensiasi sehingga potensi setiap anak dapat diketahui/dipetakan dan sekaligus dikembangan guna tercapainya kesuksesan setiap anak yang berbeda mengingat setiap anak yang dilahirkan memiliki potensi dan keunggulan masing-masing,” pungkas Mad Soleh.

Menutup sambutannya Plt. Kakankemenag Brebes dengan semangat kita semua, ikhtiar dan doa kita bersama, mudah-mudahan Kementerian Agama Kabupaten Brebes mampu meraih segudang prestasi, demi menjadikan Kementerian Agama Kabupaten Brebes yang bermartabat dan bermarwah.(hid/Sua)