Pembinaan MTQ Ikhitarkan Peningkatan Kualitas Peserta

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Secara khusus Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), haruslah dilihat sebagai evaluasi pembinaan dan pengembangan tilawatil Qur’an di setiap masyarakat, apabila pembinaan telah dilaksanakan secara baik, terstruktur dan terukur maka hasilnya akan terlihat pada saat pelaksanaan MTQ.

“Untuk itu kami ingatkan bahwa MTQ merupakan salah satu tujuan antara dari pembinaan yang kita lakukan, tujuan utama dari pembinaan dan pengembangan tilawatil Qur’an yang kita lakukan adalah terwujudnya generasi Qur’ani yaitu Sumber Daya Insani yang unggul dalam qiro’at, pemahaman dan pengamalan Al-Qur’an,” kata Plt Kepala Kemenag  Brebes pada saat membuka acara Pembinaa MTQ untuk Tingkat Provinsi di Aula RM D. Angklo, Kamis, (06/07/2023).

Lebih lanjut kata Mad Soleh, secara umum Pembinaan MTQ merupakan wahana berlatih dan meningkatkan  kompetensi qori’-qariah, hafizh-hafizah agar dapat menggapai prestasi terbaik dalam kegiatan MTQ baik ditingkat provinsi, Nasional maupun Internasional  yang merupakan bagian dari syiar islam.

“Proses pembinaan umat sudah berjalan dengan baik selama ini, dimana Kementerian Agama Kabupaten Brebes hanya menjadi bagian penguatan dan mendorong serta memfasilitasi  dalam bentuk pembinaan maupun  pemberian motivasi bagi para qori dan hafizh yang bertujuan syiar serta meningkatkan kesadaran, mendorong minat dan kemampuan membaca serta memahami isi kandungan Al-Qur’an bagi masyarakat muslim di Kabupaten Brebes sejak usia dini, berjenjang dan berkelanjutan,” ujar Mad Soleh.

Ia berharap kepada para qori dan hafizh yang hadir pada hari ini, agar dapat memaksimalkan kesempatan dan kegiatan ini,  kepada para pelatih memberikan motivasi dan memompa semangat agar tetap berlatih  guna meraih prestasi terbaik pada MTQ di tahun-tahun mendatang.(hid/Sua).