Pembukan STQ Tahun 2023 : Bupati Kebumen Apresiasi Jajaran Kemenag dan Kesra, Ini Alasannya

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen –Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto membuka secara resmi Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat kabupaten Kebumen tahun 2023 di halaman Pendopo Kabumian komplek rumah dinas Bupati, Selasa (07/03/23).

Pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug oleh Bupati didampingi Wakil Bupati, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H. Ibnu Asaddudin, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabagkesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen Mukhsinul mubarok dan jajaran forkompimda lainnya. Sebelumnya diawali dengan devile/parade dua puluh enam(26) Kafilah peserta STQ diiringi group drumband MAN 2 Kebumen.

Mengawali sambutaannya, Bupati Kebumen mengapresiasi jajaran Kemenag dan Bagian Kesra Setda Kebumen atas terselenggaranya STQ ini, lebih khusus ia mengapresiasi atas digelarnya parade/devile kafilah yang meurutnya luar biasa, cukup apik dan bagus karena baru dilaksanakan pada STQ tahun ini di Kebumen.

“Terimakasih Pak Kakankemenag, paradenya luar biasa, cukup apik dan bagus,” ucap Bupati.

Bupati  juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat mendukung kegiatan STQ di Kebumen. Ia mendoakan semoga seluruh pihak yang terlibat dalam pembinaan STQ mendapatkan keberkahan dan balasan dari Allah S.W.T.

“Sekali lagi terimakasih untuk jajaran Kemenag yang terlibat aktif dalam pembinaan MTQ, inovasinya luar biasa. Pembinaan dan penguatan terus dilakukan sampai ke mushola dan masjid – masjid yang ada di desa,”katanya.

Lebih lanjut disampaikan, pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an dilaksanakan dalam rangka menumbuhkembangkan kecintaan generasi muda Kebumen terhadap Al Qur’an sehingga diharapkan masyarakatnya menjadi beriman,dan sejahtera. Selain itu ia berharap melalui event ini akan lahir bibit – bibit muda Qari’ dan Qariah dari Kebumen yang bisa berprestasi sampai ke tingkat nasional maupun Internasional.

Pelaksanaan STQ tingkat kabupaten Kebumen akan berlanngsung selama dua hai sejak Selasa (07/03/23)  hingga Rabu (08/03/23) yang diikuti sebanyak 198 (seratus sembilan puluh delapan) pesertautusan dari 26 kecamatan. Adapun Cabang Seleksi Tilawatil Qur’an Tahun 2023 sebanyak 7 ( tujuh) Cabang, dengan  tempat pelasanaan seleksi sebagai berikut :

  1. Cabang Tilawah Anak di Gedung Haji Kabupaten Kebumen;
  2. Cabang Tilawah Dewasa di Pendopo Kabumian;
  3. Cabang Hifzh 1 Juz dan Tilawah di Gedung PKK Kabupaten Kebumen
  4. Cabang Hifzh 5 Juz dan Tilawah di Gedung Pertemuan Setda Kabupaten Kebumen.
  5. Cabang Hifzh 10 Juz di Ruang Theater Kantor Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kebumen;
  6. Cabang Hifzh 20 Juz di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen;
  7. Cabang Hifzh 30 Juz di Aula Mabin Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen(fz/bd)