Pemkot Pekalongan Gratiskan Tiket Masuk Semua Obyek Wisata di Hari Jadi ke-117

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KOTA PEKALONGAN – Pemerintah Kota Pekalongan akan menggratiskan tiket masuk destinasi wisata pada saat Hari Jadi ke-117 Tahun 2023 Kota Pekalongan. Pembebasan bea masuk dikhususkan untuk destinasi yang dikelola Pemerintah Daerah setempat melalui Kantor Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dinparbudpora) setempat.

Kepala Dinparbudpora Kota Pekalongan, M Sahlan melalui Kepala Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Retno Purnomo membenarkan bahwa, kebijakan itu diambil untuk merayakan momen Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Pekalongan ke-117 Tahun 2023 pada 1 April mendatang.

“Bertepatan Hari Jadi ke-117 Tahun 2023 Kota Pekalongan tepatnya 1 April, Pemkot Pekalongan menggratiskan tiket masuk untuk masyarakat yang akan berwisata ke semua obyek wisata yang dikelola oleh Pemkot Pekalongan,” ucap Ipung, sapaan akrabnya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin siang (27/3/2023).

Menurutnya, ada 4 destinasi wisata yang dikelola oleh Pemkot Pekalongan melalui Dinparbudpora yakni Museum Batik Pekalongan, Taman Wisata Laut (TWL) Pasir Kencana, Pantai Slamaran, dan Pusat Informasi Mangrove (PIM) Kota Pekalongan. Disampaikan Ipung, kini pariwisata Kota Pekalongan semakin menggeliat, pariwisata yang sudah ada di Kota Pekalongan harus dimaksimalkan.

Lanjutnya, dengan pembebasan biaya tiket masuk tersebut, masyarakat dapat berlibur dengan leluasa tanpa harus memikirkan harga tiket. Kata dia, dengan kebijakan itu diharapkan akan meningkatkan kunjungan wisata dan menggerakkan ekonomi masyarakat yang berkecimpung di sekitarnya.

“Saat ini pemerintah daerah terus melakukan penataan aset wisata yang dikelola pemerintah, sehingga lebih nyaman untuk dikunjungi baik dari pembenahan sarana dan prasarana penunjang didalamnya, bekerjasama dengan sejumlah event organizer dan menggandeng sejumlah komunitas, salah satu contohnya di TWL Pasir Kencana tahun ini terus berbenah seperti peningkatan sarana dan prasarana seperti penambahan area kuliner tahun ini, memfungsikan ruang sovenir, kolam renang dan kolam ketjeh akan ditambah dengan mainan anak-anak, menambah spot foto dan kursi untuk pengunjung,” pungkasnya. (Tim KP/Ant/bd).