Pengawas PAI Imbau Marakkan Kegiatan pada Pertemuan KKG

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Pengurus KKG PAI Kota Semarang masa bakti 2023-2026 dilantik Kepala Kankemenag Kota Semarang pada Rabu (11/1/2023).

Selepas acara pelantikan yang digelar di SDN Karanganyar Gunung 02, kegiatan dilanjutkan dengan Bimtek Penyusunan Soal, yang diikuti oleh GPAI SD se-Kota Semarang.

Sadi selaku Pengawas Madrasah Kankemenag Kota Semarang, pada kesempatan itu memberikan pembinaan kepada peserta kegiatan. Ia menandaskan pentingnya pemahaman tugas dan fungsi Guru Pendidikan Agama Islam dan organisasi KKG PAI oleh GPAI.

“GPAI harus tahu apa itu PP Nomor 55/2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan. Yang dimaksud dengan pendidikan agama adalah pendidikan yang diselenggarakan di sekolah formal, sedangkan pendidikan keagamaan adalah pendidikan yang diselenggarakan di sekolah nonformal seperti, pondok pesantren, LPQ, dan lain sebagainya,” tuturnya.

“KKG PAI merupakan organisasi yang menaungi GPAI, dari mulai tingkat daerah hingga nasional. Agar organisasi ini berkembang dengan baik, maka harus tertib administrasi, termasuk Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK)nya pun harus sesuai Juknis,” ujarnya.

Senada dengan Kakankemenag Kota Semarang dalam sambutannya, Sadi pun mengimbau, KKG PAI menjadi sarana pengembangan diri anggotanya melalui berbagai kegiatan yang bersifat positif. “Ciri organisasi hidup itu salah satunya adanya kegiatan yang diselenggarakan secara rutin. Oleh karenanya, guna efektivitas dan efisiensi pencapaian visi dan misi organisasi, maka sebaiknya pertemuan rutin dilakukan, minimal sebulan sekali. Dalam setiap pertemuan, isi pula dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat seperti Bimtek, workshop, sosialisasi, atau kegiatan positif lainnya,” imbaunya.

Ia pun mengapresiasi penyelenggaraan Bimtek kali ini.

Selain itu, Sadi juga berharap agar KKG PAI selalu bersinergi dengan Kementerian Agama dan juga Dinas Pendidikan.

Pada bagian lain, ia menyampaikan, ada perbedaan antara GPAI dengan guru pada umumnya, selain wajib memiliki 4 kompetensi dasar, GPAI juga harus memiliki 2 kompetensi tambahan yaitu, spiritual dan leadership.

Di akhir pembinaannya, Sadi mengajak kepada anggota KKG PAI Kota Semarang, untuk mempersiapkan kegiatan menyambut bulan Ramadhan, dan mengoptimalkan pembelajaran pada sisa waktu semester kedua.(Wakidi/NBA/bd)