Pengukuhan BKM Prov.Jawa Tengah periode 2023 -2027

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta (Humas) – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah laksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dan Pengukuhan Pengurus Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Provinsi Jawa Tengah periode 2023 – 2027 di Syariah Hotel Solo, Rabu (23/8).

Pengukuhan BKM Prov. Jateng periode 2023 – 2027 mengacu pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor 525 Tahun 2023 tentang Pengangkatan Pengurus Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Provinsi Jawa Tengah.

Kakanwil, Musta’in Ahmad dalam sambutannya menyampaikan dengan adanya BKM menjadi bentuk layanan strategis bagi rumah ibadah.

“BKM menjadi organisasi yang menguatkan negara beragama berdasarkan pancasila sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa. Juga sebagai penyelamat aset atau bondo masjid peninggalan terdahulu,” tuturnya.

Dilaksanakan serentak seluruh Indonesia, pengukuhan dilakukan secara virtual oleh Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam, Kamaruddin Amin. Dengan semboyan “Masjid Digdaya Indonesia Maju”, Kamaruddin mengajak pengurus yang baru dikukuhkan untuk berdedikasi mensejahterakan masjid.

“Mari kita mewakafkan sebagian hidup kita untuk masjid di Indonesia,” tegasnya.

Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Agama RI Nomor 54 Tahun 2006, BKM menjadi lembaga resmi yang dibentuk oleh Kementerian Agama untuk meningkatkan peran dan fungsi masjid sebagai tempat ibadah dan sarana pembinaan umat. (Bel/Rf)