Perkuat Kebersamaan Menjadi Pesan Kepala MAN 4 Kebumen dalam Upacara Hari Sumpah Pemuda

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Pemuda memiliki peran yang sangat penting dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Hari Sumpah Pemuda menjadi salah satu bukti adanya komitmen para pemuda untuk menjaga keutuhan dan keberlangsungan kemerdekaan bangsa Indonesia. Semangat itulah yang harus ditanamkan dalam kesadaran para pemuda hari ini.

Pesan-pesan itulah yang disampaikan Kepala MAN 4 Kebumen, Suratno dalam upacara Hari Sumpah Pemuda di halaman MAN 4 Kebumen pada Jum’at (28/10). Dalam sambutannya, Suratno, selaku pembina upacara juga mengatakan bahwa substansi dari lahirnya sumpah pemuda adalah adanya keinginan sekaligus perjuangan yang kuat kaum pemuda untuk menjaga kedaulatan bangsa Indonesia dari ancaman luar.

“Semangat inilah yang harus selalu ditanamkan dalam diri kalian sebagai pelajar, sebagai pemuda. Semangat bersatu, bekerjasama, saling membantu dan menguatkan satu sama lain untuk mencapai cita-cita. Sebab keberhasilan seseorang itu bukan karena usahanya sendiri melainkan karena ada peran orang lain, baik langsung atau tidak langsung,” kata Suratno.

Sementara itu, Asmara Wijaya selaku Waka Kesiswaan MAN 4 Kebumen dalam kesempatan tersebut juga mengapresiasi antusiasme dan kebersamaan anak didiknya mulai dari awal sampai akhir pelaksanaan upacara. Menurut Wijaya, nilai-nilai kebersamaan itu perlu diterapkan dalam kehidupan agar kita terhindar dari sikap individualistik atau mau menang sendiri.

“Saya sangat berterima kasih kepada anak-anak semua. Dari kemarin sudah bersama-sama menyiapkan dan berlatih untuk acara hari ini dengan serius. Sebagai generasi penerus bangsa, mudah-mudahan semangat kalian untuk melakukan yang terbaik bisa terus ditingkatkan ke depannya,” ungkap Asmara. (Cak Rose/Fz/bd)