Persiapkan Masa Pensiun, Study Tour Datangkan Ide untuk Kembangkan Usaha

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Svargabumi Magelang merupakan destinasi kedua dari rombongan pegawai, keluarga dan pensiunan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang, yang tergabung dalam 1 rombongan bus, pada Sabtu (11/6/2022). Adapun destinasi sebelumnya adalah di Waduk Cengklik Kabupaten Boyolali.

Perjalanan ini merupakan kegiatan family gathering dan study tour yang digagas secara spontanitas oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kankemenag Kota Semarang. “Tujuannya untuk lebih mengakrabkan hubungan pegawai, keluarga dan pensiunan Kankemenag Kota Semarang,” ujar Andina Kartika Sari penggagas ide kegiatan tersebut.

Hal serupa disampaikan Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU), Rachmad Pamudji. “Kegiatan ini spontanitas, tujuannya untuk kebersamaan, menyambung silaturahmi dan juga berburu ilmu,” tuturnya.

Svargabumi Magelang merupakan obyek wisata spot foto yang berada di daerah persawahan, yang berlokasi tidak jauh dari Candi Borobudur.

Tidak hanya sebagai spot foto, tempat ini juga memberikan inspirasi bagi rombongan. “Memandang sawah hijau, belum lagi idenya memasang frame/pigura besar, tenda-tenda, gebyok di tengah sawah, sungguh apik. Ditambah back ground Candi Borobudur yang terlihat dari persawahan, sungguh estetik. Mata jadi fresh, pikiran pun lebih terbuka, seolah-olah sudah menari-nari rangkaian kata-kata di kepala, untuk segera dituangkan dalam penulisan berita website,” ujar Nova Budi Aristin yang ikut dalam rombongan.

Berbeda dengan Nova, Siti Zuliani mengungkapkan bahwa tempat ini menginspirasinya untuk mengembangkan usaha yang akan digelutinya beberapa bulan lagi setelah purna tugas. “Sebentar lagi saya pensiun. Di desa asal saya, di Wonosobo, saya punya lahan sawah. Ini menginspirasi sekali. Selama ini, sawah tersebut kami jadikan latar dari warung kopi yang kami dirikan. Nanti akan kami coba kembangkan menjadi tempat wisata seperti ini. Harapannya banyak wisatawan, akan menambah pula omset dari warung kopi yang sudah berjalan,” ujarnya.

Rombongan melanjutkan perjalanan menuju Candi Pawon, sentra batik dan pengolahan jamur, dengan menggunakan mobil Volkswagon (VW) safari.(Rus/NBA/rf)