Pertandingan Menjadi Ajang Pembentukan Mental dan Karakter Siswa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Kamis (21/7/2022) Mafruhatun selaku Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang, menginformasikan raihan prestasi siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) binaanya yang berhasil diraih beberapawa waktu terakhir. Hal ini disampaikannya melalui whatsapp kepada penulis.

“Alhamdulillah dalam ajang Olimpiade Tematik Nasional tahun 2022 yang diselenggarakan oleh RNG Edu Management yang digelar pada 10 Juli lalu, MI Darul Ulum Ngaliyan berhasil meraih medali perak pada mata pelajaran (mapel) Matematika,” terangnya.

“Adapun siswa yang maju dalam ajang tersebut adalah Alisha Khairany Regan, siswi kelas 3 MI Darul Ulum Ngaliyan,” imbuhnya.

Mafruhatun mengungkapkan rasa bahagia dan bangganya atas prestasi madrasah binaannya. “Kami ikut merasa bahagia sekaligus bangga atas prestasi yang berhasil diraih oleh madrasah. Selaku pengawas, kami selalu memberikan motivasi kepada madrasah-madrasah di wilayah binaan kami agar giat dalam mengikuti pertandingan baik yang bersifat akademik maupun non akademik,” ujarnya.

Menurutnya dengan aktifnya madrasah dalam berbagai pertandingan, akan memperkaya pengalaman siswa yang berdampak pada kepercayaan diri siswa itu sendiri. “Mengikutkan siswa dalam pertandingan merupakan salah satu bentuk pembentukan karakter, bagaimana anak-anak diajarkan tentang berkompetisi secara sportif, dan perlu ditekankan kepada mereka bahwa kalah menang bukanlah tujuan, tujuan utamanya adalah keberanian bertanding secara fair atau jujur. Pihak madrasah juga harus tetap memberikan penghargaan kepada siswanya yang telah berani tampil sebagai bentuk penghargaan terhadap proses. Banyak bertanding, akan membuat mental mereka lebih kuat dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan,” ungkapnya.

“Selain itu, majunya siswa dalam berbagai ajang, akan membuka mata masyarakat bahwa, ini lo madrasah pun tidak kalah berani unjuk gigi. Apalagi jika sampai berhasil meraih prestasi, tentu akan menjadi nilai atau poin plus terhadap madrasah, yaitu madrasah hebat bermartabat,” sambungnya.

Ia berharap, kedepan madrasah-madrasah di Kota Semarang akan lebih banyak menelurkan prestasi-prestasi yang mampu mensejajarkan diri dengan sekolah favorit.(Atun/NBA/rf)