Petugas Diimbau Terapkan 3 S dalam Melayani Jemaah Haji

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang- Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang, menyampaikan beberapa pesan dan informasi kepada petugas pemberangkatan jemaah haji Kota Semarang tahun 1443 H/2022 M, diantaranya mengenai siapa saja pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan pemberangkatan tersebut, waktu pelaksanaan, serta informasi teknis lainnya.

Pesan dan informasi tersebut ia sampaikan dalam gelaran Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pemberangkatan Jemaah Haji Kota Semarang Tahun 1443 H/2022 M, yang digelar di aula gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kankemenag Kota Semarang, Jumat (10/6/2022).

Rakor ini diikuti oleh petugas pemberangkatan, baik pemandu bus, penerima koper, pengawal truk, maupun petugas lainnya.

“Pada saat pemberangkatan, petugas yang ikut mendampingi jemaah di dalam bus ada dari Pemerintah Kota Semarang yaitu Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Kantor Kepolisian Resor (Polres) yang akan mengatur lalu lintas bus, dan Radio Amatir Penduduk Indonesia (RAPI), dan pihak-pihak lain yang ikut terlibat, dan kami sudah koordinasikan terkait pemberangkatan Jemaah haji,” tuturnya.

“Tugas pemandu bus adalah mendampingi jemaah dari Islamic Centre Semarang sampai asrama haji Donohudan, maka selama perjalanan tolong selalu terapkan 3 S, yaitu senyum, sapa dan salam,” imbaunya.

“Begitu pula bagi petugas penerima koper jemaah, pada saat menerima koper juga disambut dengan ramah, jangan njegadul,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Mawardi selaku Kasi PHU Kankemenag Kota Semarang mengimbau ketepatan kehadiran dari masing-masing petugas. “Tolong hadir 1 jam sebelum jadwal yang telah kami bagikan, baik bagi pemandu bus, penerima koper, maupun pengawas koper,” ungkapnya.

Diinformasikan oleh Mawardi, jika pemberangkatan kloter 16 dan 17 adalah Selasa (14/6/2022), sedangkan kloter 22 pada 18 Juni 2022. “Jemaah kloter 16, akan diberangkatkan dari Islamic Centre tanggak 14 Juni 2022, pukul 5.00 WIB, maka petugas pendamping bus untuk bisa shalat subuh di Masjid Islamic Centre, agar tidak terlambat. Sedangkan untuk kloter 17, sore harinya yaitu pukul 16.00 WIB. Untuk kloter 22, tanggal 18 Juni 2022 pukul 5.00,” terangnya.

“Petugas pendamping bus, kami imbau juga melakukan koordinasi kepada ketua regu (karu) dan ketua rombongan (karom), dan juga petugas dari RAPI,” pesannya.

Pesan lain yang ikut ia sampaikan, agar petugas pemandu bus ikut membantu dalam pendistribusian konsumsi bagi jemaah haji.

“Mari kita laksanakan tugas melayani Jemaah haji dengan sebaik-baiknya, sesuai surat tugas. Sekecil apapun peran kita, insya Allah akan memberikan berkah untuk kita semua,” tandasnya.

Dalam kegiatan tersebut, hadir pula Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kankemenag Kota Semarang, yang juga menyampaikan pesan agar petugas menjalankan tugas sepenuh hati guna mewujudkan pelayanan prima kepada jemaah haji Kota Semarang.(Hanum/NBA/rf)