PHBI Kota Salatiga Gelar Rapat Persiapan Pawai Taaruf 1 Muharam 1444 H

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Dalam rangka persiapan pelaksanaan Pawai Akbar Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H, Panitia hari Besar Islam (PHBI) Kota Salatiga menggelar Rapat persiapan lintas sektoral dalam rangka menyambut 1 Muharram 1344 H di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, Jum’at (15/7/22).

Acara yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB ini dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga. Turut hadir pada rapat ini Ketua PHBI Kota Salatiga yang diwakili oleh Sekretaris PHBI Kota Salatiga, Dinas/ Instansi terkait serta seluruh panitia 1 Muharam 1444 H.

Acara rapat  yang diawali dengan sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman menyampaikan apresiasi kepada panitia atas antusias dengan semangat panitia dalam mempersiapkan Acara Pawai Akbar ini, “Saya berharap acara ini akan berjalan sesuai dengan rencana dan kepada seluruh panitia untuk bekerja sama agar sukses nya acara ini,” ungkap Taufiq.

Lebih lanjut  Taufiq mengatakan di Salatiga setiap memasuki bulan Muharam sudah menjadi tradisi adanya pawai taaruf. Dua  tahun vakum karena pandemi, kegiatan Pawai taaruf sementara ditiadakan. Banyak tokoh masyarakat yang mempertanyakan kapan diadakan pawai taaruf lagi, maka untuk merespon pertanyaan dari masyarakat dan hasil koordinasi Kemenag dengan Ketua PHBI Kota Salatiga dan Pj. Walikota Salatiga menyimpulkan untuk diadakan pawai ta’aruf  dengan membentuk panitia 1 Muharam1444 H.

“Pawai ta’aruf PHBI berbentuk syiar maka perlu disiapkan beberapa hal diantaranya hal-hal bersifat administratif, koordinasi dengan lintas sektoral, sosialisasi pawai taauf pada masyarakat, penentuan titik kumpul, penentuan start,” tambah Taufiq.

Di akhir sambutannya Taufiq menyampaikan rapat ini dilakanakan untuk pematangan persiapan pawai akbar yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2022 yang bertepatan dengan HUT Kota Salatiga yang 1272. Rapat berjalan lancar dengan peserta rapat saling menyampaikan ide dan saran sehingga nantinya pawai akbar ini akan berjalan sesuai konsep yang telah disepakati bersama.

Selanjutnya Kasubag TU Kantor Kemenag  Kota Salatiga selaku Sekretaris PHBI Kota Salatiga, H. Nurcholis mengatakan adapun tema pawai ta’aruf kali ini yakni Muharram Carnival Salatiga Satu Jua, dengan peserta dari tingkat TK/RA/BA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, TPA/TPQ, Madin, Pondok Pesantren, Remaja Masjid, Majelis Taklim, Ormas Islam, Perguruan Tinggi. Waktu pendaftaran mulai tanggal 18 Juli s.d 25 Juli 2022 di Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga.

“Adapun rute pawai dimulai dari Kampus I UIN-Jl. Adi Sucipto-Jl. M. Yamin-Jl. Diponegoro-Rumah Dinas Walikota-Jl.Jend. Sudirman-Jl. Sukowati-kampus I UIN (Finish),” jelas Nurcholis.

Nurcholis menambahkan pawai taaruf dengan merebutkan juara I, II, III dan Harapan I, II dan III dengan kategori Marching Band (Umum), Kreativitas Umum TK/RA, Kreativitas Umum, SD/Madin/TPQ, Kreativitas Umum SMP/MTs dan Kreativitas Umum SMA/SMK/MA/Pontren/Umum), tambahnya.(Humas/Khusnul)