PHBI Tingkatkan Keimanan dan Kecintaan Siswa Terhadap Islam

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Pengawas PAI Kankemenag Kota Semarang, H.M Faojin menanyakan kepada GPAI, apakah sudah disusun agenda kegiatan dalam rangka memperingati Hari Besar Agama Islam di sekolah tempat ia bertugas. Hal ini ia sampaikan pada saat melaksanakan monitoring di SDN Sembungharjo 01, Kamis (2/2/2023).

Menurutnya, Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) perlu dilakukan karena akan menambah pengetahuan siswa muslim tentang peristiwa dibalik peringatan tersebut dan juga diharapkan dapat meningkatkan keimanan mereka dan kecintaan siswa terhadap agamanya.

“Contoh kecil saja, dalam waktu dekat ada hari peringatan Isra’ Mi’raj. Apakah sudah ada rencana kegiatan dalam peringatan tersebut?” tanyanya kepada GPAI setempat.

“Untuk memudahkan anak-anak mengetahui apa itu Isra’ Miraj adalah melalui kegiatan yang diadakan dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj. Misalnya pengajian, atau salawat bersama, atau kegiatan lainnya, yang disela-selanya anak-anak sambil dijelaskan apa itu Isra’ Mi’raj, apa yang terjadi dalam peristiwa itu, serta apa hikmah dibalik peristiwa itu. Sehingga anak-anak tidak hanya tahu oh Isra’ Mi’raj, tetapi mereka lebih paham hikmah dari peristiwa tersebut, sehingga harapannya dapat meningkatkan keimanan dan kecintaan mereka terhadap Islam,” tuturnya.

Ia pun menyarakankan agar diadakannya kegiatan PHBI di sekolah, meskipun dalam bentuk yang sangat sederhana.

Pada kesempatan itu pula, ia mengimbau kepada GPAI untuk melakukan pembiasan salat dhuhur berjamaah di sekolah dan pembacaan doa qunut di akhir KBM. Selain itu, juga melakukan evaluasi kemampuan salat dan baca tulis Alquran siswa.(Siti Nor’aini/NBA/bd)