PKKM, Kepala MTs Negeri 8 Kebumen Paparkan Berbagai Inovasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala madrasah. Bertepatan satu tahun kepemimpinan H. Muhiban, MTs Negeri 8 Kebumen menyelenggarakan PKKM (18/10). Kegiatan yang bertempat di ruang rapat tersebut dihadiri tim penilai dari Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Kebumen, Hj. Sriwi Rahayu dan Hj. Indarwati.

Kepala MTs Negeri 8 Kebumen H. Muhiban dalam sambutannya menyampaikan, dalam rangka menyambut kegiatan PKKM pihaknya telah membentuk tim khusus internal untuk menyiapkan instrumen-instrumen yang diperlukan. “Kami telah menyiapkan semaksimal mungkin hal-hal yang diperlukan dalam pelaksanaannya”, terangnya.

Dalam pelaksanaannya, Kepada tim penilai Muhiban memaparkan berbagai inovasi aplikasi yang digunakan di madrasah diantara layanan keuangan, e-piket dan buku alumni elektronik, ketiganya merupakan breakdown dari aplikasi Simas (Sistim Informasi Manajemen Sekolah). Dilanjutkan dengan penayangan video profil madrasah dan prestasi akademik maupun non akademik.

H. Sriwi Rahayu menjelaskan bahwa manfaat dari PKKM adalah untuk menentukan indeks prestasi kepala madrasah. Hal ini sangat penting dalam menentukan kebijakan promosi, mutasi dan penghargaan.

“PKKM bukan semata-mata menilai kepala madrasah saja, tetapi untuk mempercantik madrasah dengan peningkatan kualitas ketercapaian standar nasional pendidikan”, tandasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan setahun sekali ini diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme kepala madrasah sehingga akan tercapai mutu pendidikan dan prestasi di MTs Negeri 8 Kebumen. (diw/fz/bd).