081128099990

WA Layanan

081393986612

WA Pengaduan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Whistle Blower

Plh Dirjen PHU Kemenag RI M. Adib, Apresiasi Proses Pemulangan Jemaah Haji Berlangsung Singkat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Boyolali (Humas) — Plh Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI Muhammad Adib, menilai prosesi penyambutan pemulangan jemaah haji asal Jateng dan DIY di Embarkasi Solo sudah berjalan dengan baik. Ia mengimbau agar panitia pemulangan tetap konsisten menyelenggarakan prosesi pemulangan secara singkat.

Adib menyampaikan hal itu dalam kunjungannya di Embarkasi Solo pada Selasa (25/6/2024). Adib didampingi oleh Humas PPIH Embarkasi Solo Masa Pemulangan 1445 h/2024 M Gentur Rachma Indriardi.

Adib berpesan, prosesi penyambutan kedatangan jemaah ke Embarkasi Solo di Gedung Muzdalifah atau Gedung Jeddah agar berlangsung secara singkat. “Jemaah haji mungkin sudah begitu lelah karena perjalanan jauh yang lama. Karena itu, prosesi pemulangan ini agar konsisten diadakan sesingkat mungkin. Namun dengan tetap mengikuti Standar Operasional Prosedur (SOP) penyambutan jemaah,” kata Adib.

Terkait layanan haji di Tanah Suci, Adib sudah banyak menerima pengakuan dari jemaah haji bahwa layanan haji tahun ini memuaskan. “Secara umum, layanan haji tahun ini sudah bagus. Kami sudah tanya jemaah. Mereka merasa puas dengan layanan kita,” kata Adib.

Menurutnya, para petugas haji PPIH Arab Saudi sudah memberikan layanan terbaik untuk jemaah. “Waaupun di tengah cuaca yang panas, mereka memberikan layanan yang terbaik. Karena segala sesuatunya memang sudah disiapkan,” ucapnya.

Termasuk salah satu mitigasi tersebut adalah layanan di Armuzna seperti Murur bagi jemaah berkebutuhan khusus dan risti atau lansia. Kendati demikian, evaluasi tetap diperlukan untuk penyelenggaraan haji yang lebih meningkat kualitas layanannya.

“Terkait evaluasi itu harus tetap ada. Untuk penyelenggaraan yang lebih baik lagi,” katanya. – iq/at

Skip to content