Puluhan Siswa MIN 1 Kebumen Sinau Jurnalistik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KEBUMEN – Program pelatihan jurnalistik yang dicanangkan Radar Kebumen (Jawa Pos Radar Jogja Group) kembali digelar. Kali ini giliran siswa MIN 1 Kebumen berkesempatan mendapat tambahan ilmu sekaligus pengalaman mengenai kerja-kerja jurnalistik.

Setidaknya 80 siswa tampak begitu antusias mengikuti pelatihan bertajuk Tadarus Jurnalistik tersebut. Pelatihan ini sengaja digelar sebagai bagian dalam menyemarakkan bulan ramadan.

Kepala MIN 1 Kebumen Widyastuti menyambut baik program Tadarus Jurnalistik atas hasil kerjasama sekolah dengan Radar Kebumen. Hal ini selaras dengan arah tujuan pendidikan nasional, yakni membekali siswa melalui pengetahuan dan keterampilan. “Tujuan tidak lain supaya anak-anak kami punya skill khususnya di bidang jurnalistk. Karena lewat jurnalistik ini bisa jadi ladang amal ketika membuat informasi berisi kebaikan,” katanya, saat membuka kegiatan, Senin (10/4).

Widyastuti mengaku terbantu dari adanya kegiatan tersebut. Terlebih belakangan ini sekolah sedang gencar mencanangkan mengenai budaya literasi di lingkungan madrasah. Dari kegiatan itu, kata dia, diharapkan menjadi wadah dalam mengembangkan kemampuan sesuai minat dan bakat siswa. “Penguatan literasi memang perlu ditanamkan sejak dini. Bagaimana anak mau menuangkan ide atau harapan dalam sebuah tulisan,” ungkapnya.

Selain mengenalkan wartawan sebagai pilihan profesi, pelatihan digelar untuk menambah pemahaman siswa mengenai literasi digital. Tujuannya agar siswa dapat bijak dalam memilah informasi dan membedakannya berita bohong atau hoaks. “Anak-anak bisa mendengar langsung tugas seorang wartawan itu seperti apa. Tidak kalah penting arahnya untuk mengasah kemampuan linguistik,” sambungnya.

Pada sesi pelatihan tersebut siswa kelas 4 dan 5 dituntut tidak hanya menjadi pendengar, namun juga terlibat dalam komunikasi dua arah. Para siswa tampak begitu aktif melontarkan pertanyaan dari materi yang disampaikan narasumber. Selain itu mereka diberi kesempatan untuk praktik wawancara singkat serta mengidentifikasi kaidah dasar jurnalistik. “Jadi tambah pengalaman. Sekarang jadi tau pertama buat berita harus bagaimana, sama tanya jawab (wawancara),” kata siswa kelas 5, Salsabila.

Selain Tadarus Jurnalistik, MIN 1 Kebumen mengisi ramadan tahun ini dengan berbagai kegiatan. Meliputi tadarus quran, solat duha, khotmil quran, berbagi takjil serta buka puasa bersama sekaligus tarawih. Sekolah di Jalan Cincin Kota tersebut bisa dibilang sekolah favorit. Terbukti tahun ajaran sekarang sampai membuka 24 rombongan belajar (rombel) dengan jumlah siswa mencapai 662 siswa.(Fz/bd)