Reward Bagi Siswa-Siswi Berprestasi Pada Acara Akhirussanah MTs Negeri 1 Kota Semarang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Akhirussanah siswa-siswi kelas IX MTs Negeri 1 Kota Semarang dilaksanakan pada hari Kamis, (16/06/2022) di halaman gedung baru madrasah. Acara yang berlangsung khidmat itu dimulai jam 07.00 sampai jam 12.00 WIB. Pemberian reward bagi siswa-siswi berprestasi dilaksanakan setelah acara wisuda per-siswa dengan teknis naik ke mimbar disambut dengan Kepala Madrasah dan wali kelas. Kepala Madrasah mengalungkan samir dan memberikan nilai raport sejak kelas VII sampai kelas IX. Lalu siswa menyalami Kepala Madrasah dan wali kelas, diakhiri dengan foto bersama sebelum kembali ke kursi masing-masing.

Hadir dalam acara ini Pengurus Komite dan Pengawas (H. Muhammad Asikin). “Saya sebagai wakil dari siswa-siswi kelas IX menyampaikan terima kasih kepada bapak Kepala Madrasah dan bapak ibu guru semua yang telah mendidik dan membimbing kami dengan penuh kesabaran. Juga mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada salah dah khilaf dari kami. Di samping itu kami juga mohon doa kepada bapak ibu semua agar dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan sesuai harapan kami dengan lancar serta dapat mewujudkan cita-cita kami. Kepada adik-adik kelas VII dan VIII teruslah belajar dan lanjutkan tugas kakak-kakak Kelas IX ini dengan baik. Terus semangat ya adik-adik. Maafkan kakak-kakak apabila ada kesalahan,” demikian yang dikatakan Izzul Amal selaku Ketua OSIS (OSIM) dan sebagai perwakilan dari kakak yang mau meninggalkan adik-adiknya.

Kepala Madrasah, H. Kasturi dalam sambutannya menyampaikan “Terima kasih kepada anak-anakku kelas IX yang telah menyelesaikan studi di MTs Negeri 1 Kota Semarang dengan baik dan banyak berprestasi. Lanjutkan pendidikan kalian dan kejarlah cita-cita tanpa mengenal putus asa.  Amalkan ilmu yang telah kalain peroleh dari MTs ini. Jangan pernah putus tali silaturahmi terutama dengan para guru. Di era digital ini jika kurang memungkinkan silaturahmi bertatap muka langsung dapat lewat media massa. Oleh karena itu camkanlah, “ urai beliau seraya menambahkan “Saya juga menyampaikan terima kasih kepada bapak ibu guru terutama yang telah mendampingi anak-anak dengan ketelatenan dan keihklasan. Dari gurulah orang-orang hebat dilahirkan,” urainya.

Selanjutnya Kepala Madrasah menyerahkan para wisudawan sebanyak 331 orang dari siswa-siswi kelas IX kepada Komite Madrasah. “Kami terima anak-anak sebanyak 331 orang ini lalu akan kami serahkan kembali ke orang tua masing-masing. Teriring doa semoga para wisudawan-wisudawati ini paling tidak dapat menjalankan tiga hal yaitu dapat memahami/ mengikuti pembelajaran di jenjang berikutnya karena sudah mendapatkan ilmu di MTs, dapat mengamalkan ilmu yang telah didapatnya, dan di masyarakat dapat bertanggungjawab atas apa yang telah dilakukannya,” terang H. Isdiyanto selaku Ketua Komite MTs Negeri 1 Kota Semarang dengan tegas.

Pemberian reward kepada 10 anak berprestasi di bidang akademik (The Best Ten) juga diberikan. Selain itu juga bagi anak-anak yang diterima di MAN IC sebanyak 3 anak, dan MAN PK 1 anak. Sebelum acara dimulai pada sesi pra acara juga ditampilan tahfidz anak-anak Boarding School juz 1. Banyak prestasi yang diraih siswa-siswi MTs Negeri 1 Kota Semarang. Tetapi tidak bisa ditampilkan semua pada acara ini karena keterbatasan waktu.

Acara diselingi dengan tari Kreasi Nusantara, penampilan siswi-siswai madrasah. Penampilan musik dan dendang lagu tak kalah meriah. Hadirin bertepuk tangan dengan riang gembira. Lalu acara ditutup dengan doa yang diimpin oleh KH. Asmunib. Sebagai ending keseluruhan kegiatan Akhirussanah Kelas IX ini para wisudawan-wisudawati bersalam-salaman dengan bapak-ibu guru dengan iringan musik bernuansa syahdu dan kata-kata indah penuh kenangan bersama. Ucapan maaf karena mungkin pernah membuat hati bapak ibu guru terluka juga disampaikan serangkaian kata-kata indah tersebut. Selamat berwisuda anak-anak. Raih cita-cita dan gapai impian kalian menuju keshalihan diri nan memberi kemanfaatan bagi umat di mana saja kalian berada. Semoga kalian sukses selalu. (Humas Emtessa/Rf)