Sampaikan Amanat pada Apel Ekstrakurikuler Pramuka, Eko Widodo Ajak Siswa Patuhi Dasa Dharma

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Sebanyak 346 siswa kelas tujuh MTs Negeri 1 Banjarnegara pertama kali mengikuti ekstrakurikuler pramuka. Ekstrakurikuler pramuka ini merupakan satu-satunya ekstra yang wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas tujuh. Dengan mengenakan seragam pramuka baru, mereka mengawali kegiatan ekstrakurikuler dengan apel pembukaan.

Apel pembukaan ekstrakurikuler pramuka kelas tujuh dilaksanakan di lapangan utama MTs Negeri 1 Banjarnegara pada Jumat (5/8). Dalam apel ini terdapat susunan acara menyanyikan lagu Hymne Pramuka dan pembacaan Dasa Dharma Pramuka. Kak Mabigus MTs Negeri 1 Banjarnegara, Eko Widodo bertindak sebagai pembina apel. Dalam sambutan apelnya, Eko Widodo mengajak kepada adik-adiknya untuk mematuhi Dasa Dharma.

“Setelah adik-adik secara resmi diterima di MTs Negeri 1 Banjarnegara maka kalian berkewajiban mengikuti ekstrakurikuler pramuka. Pesan kakak yang pertama, patuhi apa yang sudah menjadi aturan di Madtsansa ini. Pesan kedua dari kakak adalah selalu laksanakan Dasa Dharma sebagai dasar adik-adik mengikuti kegiatan kepramukaan. Pramuka adalah kegiatan yang menyenangkan dan kaya dengan kebaikan. Pramuka tidak pandang lelah dan susah, serta selalu riang dan gembira,” tutur Eko Widodo.

Usai kegiatan apel para siswa kelas tujuh menuju kelas masing-masing didampingi oleh Dewan Penggalang. Pertemuan perdana ini diisi dengan materi yang menyenangkan yaitu mengenalkan tepuk pramuka disertai yelnya. Para Dewan Penggalang memang sudah diarahkan oleh pembina pramuka untuk pertemuan pertama ini mengisi dengan materi yang menyenangkan terlebih dahulu.

Kegiatan ekstrakurikuler berakhir pada pukul 03.00 sore. Setelah siswa kelas tujuh menerima materi, mereka berkumpul kembali di lapangan untuk menerima arahan dari pembina. Setelah selesai menerima arahan siswa kemudian pulang ke rumah masing-masing. (rin/ak/rf)