Sebagai Garda Terdepan, KUA Diimbau Ramah dan Profesional

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang- Bertempat di Hotel Plaza Semarang, Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang gelar Capacity Building yang diperuntukkan bagi Kepala dan pegawai Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan se-Kota Semarang, Rabu (8/6/2022).

H. Sumari selaku Kepala Seksi (Kasi) Bimas Islam dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini diikuti oleh 32 peserta dari KUA dan 3 lainnya dari perwakilan Pemerintah Kota Semarang. “Kegiatan diikuti oleh 35 peserta, terdiri dari 16 Kepala KUA, 16 pegawai KUA dan 3 orang dari unsur Pemerintahan setempat,” terangnya.

“Kami mengambil tema Capacity Building Revitalisasi KUA Menuju Pelayanan yang Ramah dan Profesional, dengan maksud untuk memotivasi rekan-rekan kita yang ada di KUA agar semakin profesional dalam memberikan pelayanan kepada umat,” ujarnya.

Menurutnya, KUA merupakan salah satu garda terdepan pada Kementerian Agama dalam memberikan pelayanan kepada publik. “Teman-teman KUA setiap hari bersinggungan langsung dengan masyarakat, mulai dari pelayanan nikah, rekomendasi tempat ibadah, wakaf dan masih banyak lagi layanan lainnya. Keterbatasan SDM (Sumber Daya Manusia) tidak boleh menjadi alasan buruknya pelayanan pada KUA,” ungkapnya.

“Melalui kegiatan ini, kami ajak rekan-rekan yang ada di KUA, untuk memiliki mindset sebagai abdi negara dan pelayanan masyarakat, yang artinya selalu siap memberikan pelayanan yang terbaik, secara ramah dan profesional, sehingga dapat memberikan kepuasan bagi masyarakat,” tuturnya.

“Kami berharap, dengan kegiatan ini dapat mengoptimalkan pelayanan KUA kepada masyarakat melalui pemantapan kualitas SDM yang profesional dan memiliki etos kerja tinggi, sehingga akan berdampak pada peningkatan performa KUA,” pungkasnya.

Kegiatan pelatihan tersebut, dibuka oleh H. Mukhlis Abdillah Kepala Kankemenag Kota Semarang, yang dalam sambutannya memberikan motivasi kepada peserta untuk mengupgrade kemampuan dan semangat kerjanya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.(Samsudin/NBA/rf)