Sehat  Bersama Puskesmas Kedungmundu Siswi MTsN 1 Kota Semarang Diberi Obat Penambah Darah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Petugas Puskesmas sedang memberi pengarahan kepada siswi

Dalam rangka mendukung percepatan penurunan stunting dan meningkatkan derajat kesehatan, mutu pendidikan dan prestasi belajar anak sekolah/ madrasah melalui implementasi program Trias UKS/M untuk meningkatkan pelayanan kesehatan anak sekolah dan remaja yaitu salah satunya dengan melakukan penggerakan minum Tablet Tambah Darah (TTD) bersama di sekolah atau madrasah. Di beberapa sekolah dan madrasah kegiatan tersebut dilakukan pada pagi hari setelah upacara. Untuk di Mts Negeri 1 Kota Semarang, kegiatan minum Tablet Tambah Darah dilakukan pada siang hari pukul 11.50 WIB. Kegiatan tersebut berlangsung pada Senin, 29 Agustus 2022.

Kegiatan minum obat bersama bertujuan untuk menjaga kesehatan. Karena biasanya anak-anak perempuan khususnya sering mengeluhkan kepala pusing, terutama pada saat anak sedang mengalami haid. Selain itu, dengan minum obat penambah darah dapat mencegah terjadinya kekurangan darah yang biasanya akan terjadi pada ibu hamil. Untuk mencegah terjadinya kekurangan darah pada ibu hamil, maka dari Dinas Kesehatan Kota Semarang dalam hal ini diwakili Puskesmas Kedungmundu mengadakan minum obat penambah darah serentak di Kota Semarang setelah upacara. Minum obat penambah darah dikhususkan untuk anak perempuan, berusia antara 9 s.d. 18 tahun, baik ditingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA.

Obat penambah darah diberikan kepada seluruh siswa dari Puskesmas setempat secara gratis. Setiap anak mendapatkan 12 butir obat yang harus diminum oleh para siswa sampai dengan 3 bulan ke depan. “Obat penambah darah ini diminum setelah makan. Obat penambah darah dianjurkan untuk diminum satu kali setiap minggu, agar kita, para wanita, tidak merasakan pusing saat sedang mengalami haid,” kata Uswatun Khasanah, petugas kesehatan dari Puskemas Kedungmundu, dalam pengantarnya.

Kegiatan minum obat penambah darah disambut baik oleh para siswa MTs Negeri 1 Kota Semarang. Setiap anak wajib membawa air minum dan yang tidak membawa minum disediakan air mineral gelas yang disiapkan untuk minum obat bersama. “Alhamdulillah, aku seneng banget bisa minum obat penambah darah bersama. Jadi tahu manfaatnya dan tahu menjaga kebersihan diri. Karena tadi diberi penjelasan oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Kedungmundu,” kata Ar Mina Zam Natazya, siswa kelas VII I. “Kalau bisa minum obat penambah darah ini diadakan setiap minggu, klo nimum obat bareng temen-temen senang, karena ada yang diajak minum bersama,” kata Rizka Rina Illya Safira, siswa kelas VIII B.

Kegiatan minum obat bersama yang dilakukan di MTs Negeri 1 Kota Semarang dilaksanakan di ruang kelas yang dikhususkan bagi siswa yang sedang berhalangan salat pada saat salat dzuhur berjamaah. Kegiatan ini disambut baik oleh para siswa yang antusias mengikuti minum obat bersama. Kegiatan ini sangat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan siswa tentang cara menjaga kebersihan diri, terutama pada saat menstruasi. Terima kasih Bu Uswatun dan Bu Umi, petugas Puskesmas Kedungmundu, yang telah memberikan ilmu yang bermanfaat kepada siswa-siswa MTs Negeri 1 Kota Semarang. Semoga kerjasama antara Puskesmas Kedungmundu dan MTs Negeri 1 Kota Semarang dalam rangka menjaga kesehatan siswa dapat terjalin dengan baik. Amin…. (Humas Emtessa/bd)