081128099990

WA Layanan

081393986612

WA Pengaduan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Whistle Blower

Sekretaris Itjen Kemenag RI Kastolan, Nilai Layanan OSS Embarkasi Solo Praktis dan Efisien

Donohudan (Humas) — Sekretaris Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI, Kastolan menilai layanan OSS yang diterapkan oleh Embarkasi Solo masa pemberangkatan 1445 H/2024 M sangat praktis dan efisien.

Kastolan menyampaikan hal itu dalam kunjungannya ke Embarkasi Solo, Sabtu (11/5/2024). Didampingi oleh Kakanwil Kemenag Jateng yang juga selaku Ketua PPIH Embarkasi Solo Musta’in Ahmad, Kastolan meninjau layanan One Stop Sevice (OSS), catering dan penginapan Embarkasi Solo (SOC).

“Kami mengunjungi semua Embarkasi untuk melaporkan perkembangannya yang akan kami laporkan setiap hari dan saya menilai, layanan OSS di sini sangat sistematis, efisien, serta cepat,” katanya.

“Sebagai contoh, living cost yang dulunya diberikan kepada jemaah secara door to door di kamar masing-masing, langsung diberikan di konter OSS. Lalu dicek jumlahnya oleh petugas bank, dan dijelaskan pula kepada jemaah haji. Amplopnya pun diberi nama, sehingga kalau tercecer bisa dikembalikan kepada pemiliknya,” lanjut Kastolan.

Terkait penginapan dan catering, Kastolan juga memberikan penilaian bagus. “Menunya bagus, tempat makannya bagus. Bahkan ada menu khusus Lansia. Ketika makan bersama, semua terlihat senang. Kondisi kamarpun juga nyaman,” tambahnya.

Kastolan menyapa dan berbincang kepada jemaah. Ia mengimbau kepada jemaah agar makan yang cukup, menjaga Kesehatan, sehingga bisa menjalankan ibadah dengan baik di Arab Saudi.

Kakanwil Kemenag Jateng, Musta’in Ahmad mengatakan, dalam OSS ini, jemaah sudah mendapatkan kelengkapan fasilitas ibadah haji, baik persyaratan dokumen, living cost, gelang dan APD Kesehatan. “Semua sudah diserahkan di awal penerimaan jemaah di embarkasi. Di embarkasi ini kami sediakan fasilitas Kesehatan, tempat istirahat, tempat ibadah, tempat makan, dan konsumsi (makan 3 kali, serta snack 2 kali),” jelas Kakanwil.

Fasilitas lainnya adalah transportasi menuju Bandara Adi Soemarmo Solo dan layanan fast track atau Makkah Route di Bandara Adi Soemarmo Solo. “Layanan fast track ini yang istimewa,” kata Kakanwil.


Sebagaimana diberitakan, dengan layanan fast track Makkah Route ini, jemaah haji mendapatkan layanan keimigrasian dari Arab Saudi di Indonesia. Sehingga saat di Arab Saudi, jemaah haji tidak memerlukan pemeriksaan dokumen lagi. (iq/athi’)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Skip to content