Sinergitas Puskesmas, MI dan SD se-Kecamatan Genuk

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Rabu (14/12/2022) perwakilan siswa MI Miftahush Sibyan 01 dan 02, serta MI Mirfaul Ulum, mengikuti pelatihan Dokter Kecil (Dokcil) yang digelar di SD Genuksari 01.

Selain ketiga MI tersebut, beberapa SD di wilayah Kecamatan Genuk juga turut dalam pelatihan Dokcil yang diinisiasi oleh UPTD Puskesman Genuk.

Kegiatan dibuka oleh Ketua Korsatpen Kecamatan Genuk. Dalam sambutannya menyampaikan, kesatuan yang dipimpinnya memberikan pelayanan pendidikan yang sama kepada peserta didik di wilayah kerjanya.

Dokter Moch Onny Pramana selaku Kepala Puskesmas Genuk menuturkan, kegiatan pelatihan Dokcil dilaksanakan sebagai wujud sinergitas puskesmas dengan MI dan SD di wilayah binaannya.

Pada kesempatan itu, ia menuturkan tujuan pelaksanaan kegiatan. “Menjaga kebersihan diri sendiri sangat penting, oleh sebab itu kegiatan ini diadakan guna membekali siswa tentang keterampilan cara menjaga kebersihan diri sendiri. Tak hanya itu, kami berharap dengan pelatihan ini, anak-anak memiliki kepedulian terhadap orang lain pula,” terangnya.

Ia mengungkapkan, bentuk kerjasama lainnya berupa pemeriksanaan kebersihan di lingkungan madrasah dan sekolah secara berkala seperti, sicentik, pemberian imunisasi, pemeriksaan makanan yang ada di kantin dan beberapa kegiatan lainnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang pengetahuan umum Dokcil dan perannya di madrasah/sekolah, kesehatan gigi dan mulut, kebersihan + CPTS, gizi, serta Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K).

Peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti pemaparan materi demi materi, terlebih di akhir penyampaian diikuti dengan praktik.

Kegiatan ditutup oleh A. Ghufron, Kepala MI Miftahush Sibyan 01.(SAW/NBA/bd)