Siswa Kelas 6 MI. Futuhiyyah Palebon Praktek membuat Batik Ecoprint Motif Flora

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – 12 Agustus 2023 Guru merupakan salah satu kunci keberhasilan seorang siswa, karena segala apa yang disampaikan oleh guru biasanya akan ditiru oleh siswa-siswi yang dididiknya, oleh karena itu guru dituntut memiliki kompetensi dan inovasi dalam mengajar. Guru juga harus kreatif dan mampu melilih metode yang tepat untuk anak didik dan materi pelajarannya, karena jika tidak mampu untuk memilih metode yang tepat biasanya anak akan sulit menerima pelajaran dengan baik.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Ika Vivi Alaida guru kelas 6 B MI. Futuhiyyah Palebon, ia mencoba berinovasi dalam mengajarkan mata pelajaran SBdP terhadap anak didiknya, ia tidak hanya menjelaskan dengan teori akan tetapi juga praktik.

Siswa siswi kelas 6 B yang menjadi anak didiknya diajak keluar ruangan dengan membawa peralatan yang dibutuhkan untuk praktik membuat batik Ecoprint dengan motif flora.

Sambil menjelaskan ke siswa ia juga mencontohkan bagaimana membuat batik ecoprint motif flora tersebut.

Saat dipantau oleh Kepala Madrasah saat melakukan pembelajaran, Ika mengatakan; anak – anak terlihat semangat dan antusias saat saya ajak untuk mempraktekkan cara membuat batik ecoprint motif flora, tahap demi tahap proses pembuatan mereka lakukan, mulai dari menyiapkan bahan dan peralatan, proses pembuatan bahkan sampai penjemuran, semua mereka lakukan dengan telaten dan penuh dengan kesabaran, ahamdulillah mereka berhasil walaupun masih butuh bimbingan dan arahan, semoga dengan memberikan pembelajaran seperti ini menjadikan anak menjadi terampil dan dapat memberikan manfaat bagi kehidupan mereka kelak, Aamiin.

Sementara itu Slamet Agus Wahid selaku Kepala Madrasah yang melihat langsung proses pembelajaran tersebut merasa senang, karena gurunya dalam mendidik memiliki kompetensi dan inovasi dalam mengajar, sehingga anak – anak juga akan termotivasi untuk belajar, karena pembelajaran yang diberikan oleh guru melalui proses yang menyenangkan, semoga pembelajaran seperti ini juga dilakukan oleh guru guru lainnya. (Ika/SAW/bd)