Sosialisasi dan Koordinasi Pendidikan Lanjutan, MTSN 1 Kebumen Temukan Orang Tua Pesrta Didik dan Guru BK

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Sosialisasi dan koordinasi persiapan seleksi peserta didik mengikuti Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di madrasah unggulan nasional, khusunya MAN Insan Cendikia (IC) dan MAN Program Khusus (PK), Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kebumen (Matansa) temukan orang tua peserta didik dan guru Bimbingan Konseling (BK), Jumat (13/01/23) di aula setempat.

“Sosialisasi ini sangat penting guna menyelaraskan visi misi madrasah dengan orang tua peserta didik dan minat serta kemampuan peserta didik dalam melanjutkan pendidikan,” ujar Fitriana Ainun Kepala MTSN 1 Kebumen dalam sambutannya mengawali kegiatan sosialisasi.

Disampaikan Fitriana, madrasah menyadari peran orang tua sangat menentukan guna mendukung dan mendampingi putra-putri mereka dalam proses belajar, termasuk juga mengarahkan mereka menentukan pilihan jenjang pendidikan lanjutan. Untuk itu, dalam kesempatan ini ia mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh orang tua peserta didik yang hadir.

“Mari bersama – sama kita dampingi dan kita arahkan putra putri kita bersama dalam menentukan masa depannya, agar menjadi insan cendekia yang unggul dan berkarakter kuat sebagai generasi muslim penerus bangsa.” ajaknya.

Kegiatan dilanjutkan pemaparan dari Waka Kurikulum, Suyitman menyampaikan tahapan-tahapan proses seleksi masuk MAN Insan Cendikia dan MAN Program Khusus dari awal hingga akhir. Disampaikan juga bahwa pengumuman penerimaan seleksi tahun ini di jadwalkan tanggal 16 Maret 2023.

Suyitman menngungkapkan, berdasarkan data amlumni, peserta didik MTSN I Kebumen tahun lalu yang diterima di MAN IC dan MAN PK cukup menggembirakan. Tahun 2020 ada 11 peserta didik yang diterima di MAN IC, tahun 2021 ada 8 peserta didik dan 2022 ada 9 peserta didik. Untuk MAN PK yang diterima tahun 2020 sebanyak 2 peserta didik, tahun 2021 sebanyak 3 peserta. Selain itu ada juga siswa yang diterima di Sekolah Unggulan CT Arsya Fondatioan, tahun lalu sebanyak 7 peserta didik.

“Ini tentu sangat menggemberikan bagi kita bersama,” ujarnya.

Diungkapkan juga, bahwa berdasarkan kualifikasi yang dipersyaratkan, untuk tahun ini ada lima calon  peserta didik dari MTSN 1 Kebumen yang sudah mendaftar di sekolah Unggulan SMA Taruna Nusantara di Magelang dan tinggal menunggu pengumuman.(is/fz/bd).