Sosilaisasi Pintu Gerbang Kesuksesan Assesmen Nasional di Kabupaten Brebes

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten  Brebes melaksanakan Sosialisasi Assesmen Nasional kepada seluruh madrasah dari tingkat  RA-MA pada Selasa-Rabu, (12-13/07/2022) di Aula Kankemenag Brebes kepada 33 Madrasah Aliyah, 103 MTs. 215 MI dan 67 RA se-Kabupaten Brebes.

Kepala Kantor Kementerian Agama Brebes, Drs.H. Fajarin, M. Pd, mengungkapkan bahwa Assesmen Nasional (AN) adalah evaluasi sistem Pendidikan, di semua tingkatkan baik RA, MI. MTs dan MA bukan penilaian terhadap siswa, guru, atau kepala madrasahnya sebagai individu. Assesmen Nasional di buat untuk mendorong perbaikan kualitas pendidikan baik pembelajaran dan pengajaran.

Hal itu disampaikan beliau dalam rangka pembukaan sosilaisasi AN  yang dihadiri oleh para operator dan beberapa kepala madarasah sekabupaten Brebes, hadr juga Kasi Pendidikan madrasah dan pengawas madrasah.

“Pelaksanaan Assesmen Nasional yang Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2022 yang akan diterapkan di setiap madrasah bertujuan  untuk mengukur kualitas madrasah, kualitas peserta didik, pendidik dan kualitas kepala madrasah,” ujar Fajarin.

“sudah Mahfum bahwa di madrasah pendidikan keagamaan merupakan ciri khas  dan karakter, akan tetapi  juga pendidikan yang  bersifat umum, titik poin dalam assesmen nasional adalah karakter siswa dan akhlak siswa. Penilaian fasilitas dan lingkungan belajar mengajar yang lingkungan belajar. Guna meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di madrasah merupakan keinginana masyarakat.” jelas pria yang berkecimpung di dunia pendidikan lebih 30 tahun.

Sementara itu Kasi Pendidikan Madrasah H. Imam Ghozali  berpesan kepada seluruh operator madrasah yang hadiri  akan arti pentingnya ke validan data yang ada di setiap madrasah masing-masing.

“Data-data yang berkaitan dengan pendidikan dan menunjang kegiatan belajar mengajar harus diamankan dan ditertibkan jangan sampai ada data yang tidak dimasukan dalam apalikasi yang berkaitan dengan proses belajar mengajar, dan kepada kepala madrasah diharapkan  bekerjasama bahu membahu dan tolong-menolong  mewujudkan program Asesmen Nasional dilingkungan madrasah masing-masing, bagi madrasah yang fasilitasnya belum terpenuhi agar madrasah terdekat saling mengisi ke kurang tersebut dan  saling jaga kebersamaan.,” tegas Kasi Pendidikan madrasah yang terkenal dengan kedisiplinan masuk kerjanya.

“Pelaksanaan ANBK  tahun 2022 kemungkinanan akan dilaksanakan pada bulan Oktober sampai dengan  November 2022 untuk semua tingkatakan, tolong agar dipersiapkan dari sekarang agar pada pelaksanaan nantinya sudah siap siaga tanpa ada kendala yang berarti,” tambah H. Imam Ghozali.

Setelah laporan ketua panitia, pengarahan  dan pembukaan dari kepala acara dilanjutkan dengan bimbingan teknis oleh tim dari Seksi Penma, hal ini dilaksanakan bertujuan agar tidak ada operator dari madrasah yang tertinggal atau tidak dapat mengoperasikan aplikasi yang tersedia.(Hid/Sua)