Sukseskan Program Kesehatan, Matsamara Berikan Tablet Tambah Darah Untuk Siswa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Sesuai program Puskesmas 1 Mandiraja MTs Ma’arif Mandiraja (Matsamara) membagikan tablet tambah darah/vitamin untuk siswi kelas VII, VIII sampai kelas IX sebagai asupan penambah darah untuk mencegah terjadinya anemia. Seluruh siswi menerima tablet tambah darah tersebut di setiap kelasnya dan langsung meminumnya, Sabtu,(6/8)

Retno Widiarti selaku Waka Kesiswaan mengatakan, kami menjalankan program Puskesmas setempat membagikan tablet penambah darah/vitamin untuk siswi dari kelas VII, VIII sampai kelas IX yang diminum setiap seminggu sekali tepatnya hari Sabtu. Hal ini merupakan program dari Puskesmas 1 Mandiraja yang sudah berjalan dari tahun sebelumnya di MTs Ma’arif Mandiraja yang memang telah menjalani kerjasama sejak tahun 2011.

Beliau menjelaskan tindak lanjut dari program tersebut. “Kelanjutannya nanti siswi-siswi kelas VII sampai kelas IX akan diperiksa mengenai berat badan, tinggi badan, gigi, telinga, mata dan sebagainya,” tambahnya.

Cahyono Kurniawan selaku guru Biologi mengatakan, remaja putri masa-masa MTs sedang mengalami pubertas ditandai dengan aktifnya hormon dan mengalami siklus menstruasi, saat mens banyak sel darah merah yang rusak dan keluar.

“Tentunya remaja tersebut perlu asupan makanan yang dapat meregenerasi sel darah tersebut untuk mencegah terjadinya anemia sehingga memerlukan multivitamin. Karena itu penting sekali adanya tablet penambah darah tersebut sebagai suplemen gizi,” tambahnya.

Senada dengan itu Resti selaku petugas Puskesmas mengatakan, “Tablet tambah darah untuk siswi-siswi atau remaja putri bertujuan untuk meminimalisir terjadinya anemia. Dimana anemia merupakan kondisi jumlah sel darah merah dalam tubuh lebih rendah dibandingkan dengan jumlah normalnya.”

Semoga kegiatan kerja sama antara Puskesmas 1 Mandiraja dengan MTs Ma’arif Mandiraja bisa berjalan secara baik dalam pemberian tablet penambah darah, sehingga bisa mempersiapkan cikal bakal penerus bangsa yang tangguh, hebat, dan sehat. (jm/ak/rf)