Tiga Siswa MTsN 4 Banjarnegara Ikuti Seleksi Olimpiade Bahasa Arab Nasional 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Tiga siswa MTs Negeri 4 Banjarnegara mengikuti seleksi Olimpiade Bahasa Arab (OBA) ke-5 Tahun 2022 Tingkat Kabupaten/Kota pada hari Sabtu, (6/8), bertempat di laboratorium komputer madrasah. Ketiga siswa tersebut adalah Ananda Roby Setiawan, Sabillaila Avriliani, dan Salsyabilla Alisa Wulandari, kesemuanya merupakan siswa kelas 9. Seleksi lomba dilaksanakan selama satu jam mulai pukul 10.00-11.00 WIB secara daring, dan dipantau langsung oleh panitia/penanggung jawab provinsi.

“Ya, seleksi lomba dilaksanakan secara daring dari masing-masing sekolah atau madrasah. Dan proses pelaksanaannya dipantau langsung oleh panitia, dalam hal ini penanggung jawab tingkat provinsi, melalui zoom meeting,” jelas Sarif Hikmayanto, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan MTsN 4 Banjarnegara saat dimintai keterangan.

Dalam lomba tersebut, sesuai ketentuan, siswa diwajibkan mengerjakan 50 soal pilihan ganda maksimal selama 60 menit.

“ Alhamdulillah semua siswa bisa menyelesaikan soal-soal tepat waktu, mudah-mudahan hasilnya memuaskan. Kita tunggu pengumumannya nanti pada tanggal 20 Agustus 2022. Semoga anak-anak bisa memberikan hasil terbaik buat madrasah,” ujar Sarif lagi.

Olimpiade Bahasa Arab ke-5 tahun 2022 merupakan lomba yang diselenggarakan secara nasional oleh forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Arab se-Indonesia. Adapun tujuan diadakannya lomba/olimpiade ini adalah untuk mempererat ukhuwah Islamiyah wathaniyah, membentuk rasa percaya diri dengan berbahasa Arab, dan meningkatkan kemampuan bahasa Arab bagi pelajar.

Melalui Olimpiade Bahasa Arab (OBA) ini diharapkan potensi, bakat pelajar di Indonesia dapat dimotivasi dan difasilitasi secara berkala dan terarah sehingga dapat berkembang dengan baik dan terus ditingkatkan secara berkelanjutan.

Lomba dilaksanakan secara berjenjang dimulai dari seleksi tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, hingga grand final tingkat nasional. Tiap sekolah/madrasah hanya boleh mengirimkan peserta maksimal 3 orang. Peserta yang berhasil meraih juara 1,2,dan 3 tingkat kabupaten/kota akan mendapatkan piagam atau sertifikat, dan berhak mewakili sekolah/madrasah untuk maju tingkat provinsi.

Sementara itu, Kepala MTsN 4 Banjarnegara sangat mengapresiasi keikutsertaan para siswanya dalam mengikuti Olimpiade Bahasa Arab ini, serta memberikan ucapan terima kasih kepada para pembimbingnya.

“Terima kasih kepada para siswa yang telah mengikuti lomba, semoga memperoleh hasil terbaik. Juga saya ucapkan terima kasih kepada para pembimbingnya yang telah susah payah dan berusaha maksimal membimbing siswa-siswanya, semoga lelahnya menjadi amal ibadah dan mendapatkan pahala dari Allah SWT,” kata Sidik Wibowo Akhmad, Kepala Madrasah. (khm/rf)