Tangkap Peluang Bisnis Online, MAN 1 Kebumen Gelar Pelatihan Kewirausahaan Digital Marketing Education

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Pesatnya perkembangan teknologi informasi membawa dampak pada dunia bisnis yang dikenal dengan tren digital marketing. Digital marketing merupakan suatu strategi pemasaran menggunakan media digital dan internet. Kegiatan pemasaran secara digital saat ini menjadi pilihan utama perusahaan dan para pebisnis karena tingkat penggunaan internet di masyarakat yang begitu luas.

Menilik begitu besarnya manfaat digital marketing di dunia bisnis, MAN 1 Kebumen menggelar pelatihan kewirausahaan Digital Marketing Education bagi peserta didik kelas XII, Sabtu (09/04).

Kepala MAN 1 Kebumen melalui Kepala Tata Usaha Achmad Sunarso, menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan bimbingan dan pelatihan kepada peserta didik kelas XII agar menjadi terampil, mandiri, dan inovatif ketika terjun ke dunia kerja maupun berwirausaha khususnya di bidang bisnis online.

“Manfaatkanlah teknologi informasi yang terus berkembang saat ini, dunia bisnis online merupakan suatu peluang bisnis yang sangat bagus karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja”, terangnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di GOR MAN 1 Kebumen ini merupakan suatu bentuk pendidikan karakter bagi peserta didik agar siap menghadapi tantangan global dalam bidang kewirausahaan. Pelatihan kewirausahaan kali ini menjadi sangat menarik karena peserta langsung dibimbing oleh Muhamad Haris Maknun yang menguasai keahlian Riset Search Engine Optimization (SEO), Google My Busines, Marketplace, Website 2.0 dan Sosial Media Marketing.

Di depan peserta didik kelas XII Muhamad Haris Maknun mengajarkan bagaimana cara untuk memulai berbisnis, konsep berbisnis, dan strategi pemasaran. Jangan pernah putus asa dalam berbisnis, tetaplah semangat, tekun dan optimis dalam menggeluti dunia bisnis.

“Jangan khawatir ketika akan mulai merintis karir, jangan menjadikan uang sebagai modal utama, tapi jadikan kreasi dan ide sebagai bekal dalam berkarir khususnya untuk berwirausaha.” ujar Haris.

Haris menegaskan bahwa kejujuran, etika dan semangat serta konsisten adalah modal yang paling utama jika ingin mulai berbisnis. “Semua orang punya jalan berbeda, kalian sendiri yang akan menentukan bagaimana masa depan kalian, oleh karena itu kalian harus cerdas dalam mencari dan memanfaatkan peluang”, terang pria yang juga menjadi Dosen Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap. (tt/fz/bd).