Tebar Kepedulian di Bulan Ramadhan Osmansa Gelar Bakti Sosial

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Mengisi kegiatan ibadah di bulan Ramadhan, MAN 1 Kebumen mengadakan bakti sosial (Baksos) di Panti Asuhan Putra Mandiri, Selasa (19/04). Kegiatan yang digagas Organisasi Siswa Intra Siswa Sekolah (OSIS) MAN 1 Kebumen (Osmansa) ini dihadiri Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan (Wakasis) Yuniasih, Pembina OSIS Seksi Bidang (Sekbid) IV Tri Cahyaningsih dan kakak-kakak alumni yang sedang melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di MAN 1 Kebumen. Sejumlah 24 siswa perwakilan anggota OSIS, Pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), English Study Club (ESC), dan Kelompok Kajian Islam (KKI) antusias mengikuti kegiatan baksos di panti asuhan Putra Mandiri yang terletak di Pejagoan Kebumen.

Kegiatan bakti sosial ini merupakan program rutin tahunan Osmansa di bulan Ramadhan sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap sesama. Kegiatan yang mengusung tema “Tebar Kepedulian Raih Keberkahan di Bulan Ramadhan” diisi dengan acara pemberian santunan dan buka bersama dengan anak yatim piatu. Sebagai wujud rasa kasih sayang dan memuliakan anak yatim Yuniasih secara simbolis memberikan santunan yang diterima oleh salah satu anak Panti Asuhan Putra Mandiri.

Wakasis MAN 1 Kebumen Yuniasih menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai aplikasi amaliyah di bulan Ramadhan dengan tujuan menumbuhkan sikap kepedulian sosial dan mempererat tali persaudaraan dalam hidup masyarakat. Dengan berinteraksi secara langsung di panti asuhan setidaknya siswa-siswi yang ikut dalam kegiatan ini akan memiliki kepekaan sosial dan kasih sayang tanpa membeda-bedakan. “Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan rasa syukur dan ketakwaan kita kepada Allah SWT,” ucapnya.

Sementara itu, Pembina OSIS Sekbid IV Tri Cahyaningsih mengemukakan, diangkatnya tema Tebar Kepedulian Raih Keberkahan Di Bulan Ramadhan diharapkan dapat menumbuhkan sikap kepedulian social para peserta. “Pendidikan karakter akan lebih mudah dipahami jika mereka terjun langsung ke masyarakat untuk berbagi,” ujarnya.

Sikap simpati dan empati terhadap warga panti asuhan tergambar jelas saat siswa MAN 1 Kebumen memberikan kasih sayang sepenuhnya dengan mendongeng kisah nabi-nabi. Tak hanya itu di sela-sela waktu menunggu buka puasa, siswa MAN 1 Kebumen juga tidak canggung membagikan ilmu agama yang dipelajari di madrasah dengan membimbing adik-adik panti asuhan mengaji.(tt/fz/bd).