Testimoni KBIHU: Petugas Haji Sangat Profesional dan Berdedikasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Boyolali (Humas) – Kementerian Agama berupaya menyelenggarakan haji terbaik tahun ini. Upaya ini mendapatkan pujian dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Kabupaten Blora dan Kabupaten Sragen.

Sebagaimana yang diutarakan oleh Ahmad Zaky Fuadi, pengurus KBIHU Al-Khoziniyah Kabupaten Blora. Zaky berpendapat, pelayanan haji tahun ini lebih baik dari tahun kemarin.

“Selama perjalanan haji di tanah air hingga Tanah Suci, kami menilai pelayanan pemerintah dan para petugasnya meningkat dibandingkan tahun kemarin,” kata Zaky yang juga selaku jemaah haji kloter SOC-85, Rabu malam (17/7/2024).

Selama perjalanan haji, ia dan para jemaah lain sangat dibantu oleh para petugas haji. Menurutya, petugas haji menunaikan tugas dengan sigap. “Kami dari KBIH dangat terbantu dengan kehadiran para petugas haji. Mereka sangat professional dan berdedikasi,” ujarnya.

Zaky mengakui, ada peningkatan pelayanan, manajerial dan penanganan lansia. Pelayanan konsumsi, transportasi dan akomodasi menurutnya sangat memuaskan. “Selama perjalanan haji, ketersediaan konsumsi sangat cukup bahkan lebih. Demikian pula pelayanan akomodasi juga luar biasa,” katanya.

Belum lagi, setiap jemaah lansia dilayani dengan baik. “Skema murur untuk jemaah risti dan berkebutuhan khusus juga sangat memudahkan pelaksanaan ibadah haji. Murur membuat pelaksanaan haji menjadi lebih baik,” imbuhnya.

Zaky menyampaikan terima kasih kepada pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama atas fasilitas layanan tersebut. “Terima kasih banyak kepada pemerintah Kementerian Agama yang telah memfasilitasi jemaah haji baik muda dan lansia, sehingga kami bisa menjalanan rukun, syarat dan sunah haji dengan baik dan lancar,” ungkap Zaky.

Pembimbing KBIHU Walisongo Sragen, Ma’ruf Islamudin juga mengakui, pelayanan haji tahun ini sangat baik, baik fasilitas maupun petugas hajinya. “Alhamdulillah, perjalanan haji kami semua berjalan lancar. Pelayanan sangat luar biasa. Kondisi Hotel luar biasa, bus salawat lancar dan konsumsi sangat cukup bahkan lebih-lebih,” kata Ma’ruf.

Begitu pula tim kesehatan sangat sigap dalam melayani jemaah. “Semua petugas kesehatan aktif, pasien jemaah ditangani dengan baik. Ada jemaah haji kami yang wafat, sudah ditangani dengan baik. Semoga beliau husnul khotimah,” kata Ma’ruf.

Ma’ruf menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia penyelenggara dan petugas haji. “Kami berterima kasih kepada pak Menteri Agama, Gus Yaqut. Semoga layanan akan semakin baik, dan kami didoakan semoga menjadi haji yang mabrur,” pungkasnya. – iq/mul/at