Tim KSM Brebes Siap Berprestasi dalam Kompetisi Tingkat Jateng

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Pelaksanaan KSM (Kompetisi Sain Madrasah)  tingkat Provinsi Jawa Tengahyang akan dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, (09-10/09/2022) yang pembukanya langsung oleh Kakanwil Kemenag Prov Jateng H. Mustain Ahmad secara virtual dari MAN 1 Banyumas diikuti oleh seluruh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota sejateng dan Seksi Pendidikan Madrasah Se-Jateng  serta Madarasah yang siswanya memiliki perwakilan di Kabupaten masing-masing  yang akan mengikuti KSM tersebut.  

Tak ketinggalan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes, Drs. H. Fajarin, M.Pd  dan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Imam Ghozali, Pengawas dan Kepala Madrasah menghadiri pembukaan kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022 secara virtual melalui zoom meeting dan streaming di youtube resmi Kemenag Jateng, Jumat pagi, (09/09/2022).

Dalam sambutannya Kakanwil Kemenag Prov. Jateng menyampaikan  KSM tahun 2022 mengambil tema  “Mandiri Berprestasi Bangkitkan Negeri “ ini merupakan wadah bagai para pelajar di Jawa Tengah untuk mengasah sekaligus berkompetisi yang tidak hanya diikuti oleh peserta dari madrasah tetapi juga dari sekolah-sekolah negeri maupun swasta di Jawa Tengah.  

“Para siswa di Jateng agar mampu berkompetisi di dalam berbaga disiplin ilmu pengetahuan  dan para pengelola madrasah agar senantiasa berinovatif dan memiliki pandangan futurustik di mana madarsah tidak hanya mengajarkan ilmu-ilmu keislaman saja tetapi juga Ilmu pengetahuan dan teknologi,  Ilmu-ilmu seni juga pengetahuan globalisasi apalagi di era digital seperti sekarang ini madrasah harus membekali siswa-siswanya berbagai disiplin keilmuan guna menunjang kehidupan setelah lepas dari masa sekolah,” terang Musta’in Ahmad.

Kakanwil juga mengungkapakan dengan tagline “Madarsah Mandiri Berprestasi”.  hal ini sejalan dengan kurikulum merdeka belajar, untuk itu madrasah mandiri harus mencerminkan kemandirian dalam Pembelajaran, mandiri dalam hidup, mandiri beri inovasi dan berkreasi, mandiri berkompeteisi dan mandiri lainya.   

“Sedangkan   Berprestasi, siswa-siswa madrasah diharapkan dapat berprestasi dalam kehidupanya, baik Prestasi akademis, berprestasi dalam berinovasi, berperastasi dalam karaker atau akhlakul karimah, berprestasi  dalam skill atau psikomoteriknya, berperstasi dalam kompeteisi dan persaingan global dalam kebaikan,” imbuhnya.

Terakhir Kakanwil mengucapkan selamat berkompetisis jaga sportifitas dan kejujuran dalam rangka mempersiapakan  generasi penurus bangsa yang berintegritas dan berkulaitas untuk mencapai kejayaaan bangsa dan negara Indonesia tercinta.  

Di kesempatan terpisah, H. Fajarin mengungkapkan persiapan Tim KSM Kabupaten Brebes baik dari tingkat MI/SD, Mts/SMP dan MA/SMA/SMK  sudah maksimal,  tinggal dua hari kedepan akan mengikuti seleksianya KSM, untuk pelaksanaan  di kabupaten Brebes akan di akan dipusatkan  di  MA Al Hikmah 2 Komplek Ponpes Al Hikmah 2 Brebes, dan belaiau berharap prestasi siswa-siswa Brebes dapat meningkat dari perolehan tahun lalu atau setidaknya dapat mempertahankan perolehan tahun lalu.(hid/Sua)