Tim Paduan Suara Olah Vokal Beberapa Kali Guna Capai Harmonisasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Senin (15/8/2022) Tim Paduan Suara (Padus) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang melakukan latihan di halaman kantor dalam rangka mempersiapkan diri pada kegiatan upacara bendera memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77.

Tim Padus beranggotakan 15 orang, yang terdiri dari pengawas madrasah, pegawai pada Sub Bagian Tata Usaha, Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, Seksi Pendidikan Agama Islam, Seksi Pendidikan Madrasah, dan Penyelenggara Zakat dan Wakaf, guru Raudhatul Athfal (RA), dan juga penyuluh agama Kristen.

Sriyati selaku dirigen menyampaikan permohona maaf kepada timnya, tidak bisa ikut bergabung karena sedang melaksanakan tugas sebagai pengawas lomba Kompetensi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kemenag Kota Semarang. Ia pun mendelegasikan Sriwahyuningsih penyuluh agama Kristen untuk bisa menggantikannya.

Tim Padus berlatih membawakan 3 buah lagu yaitu, Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta dan Hari Kemerdekaan.

Dalam latihan tersebut, nampak Ribkah Pandiangan Penyelenggara Kristen ikut memberikan arahan dan bimbingan kepada Tim Padus.”Suaranya sedikit kurang los, terlebih pada saat membawakan lagu Hari Kemerdekaan, tadi saya dengar masih fals, coba diulang sekali lagi,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Sriwahyuningsih. “Dalam bernyanyi, kita gunakan suara perut, ditarik ke atas, rasakan suara itu berada di ujung kepala, sehingga nada tinggi akan lebih bisa tercapai. Mulut dibuat membulat, sehingga suara yang dihasilkan juga bulat,” ujarnya.

Tim Padus pun begitu bersemangat dalam berlatih, olah vokal pun dilakukan beberapa kali guna menghasilkan suara yang merdu dan harmonis.(NBA/bd)