Tingkatkan Layanan Terhadap Masyarakat, Gara Zawa Akan Gelar Bimtek e-AIW

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Senin (1/8/2022) digelarlah apel pagi di halaman Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang, yang diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negeri (ASN), siswa dan mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Cholidah Hanum Penyelenggara Zakat dan Wakaf (Gara Zawa) selaku pembina apel, dalam pembinaannya menyampaikan, seminggu yang lalu telah mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendaftaran Tanah Wakaf Digital (e-AIW) di Metro Park View Hotel Kota Semarang.

Hanum menuturkan aplikasi e-AIW merupakan inovasi dari pengadministrasian tanah wakaf dalam bidang transformasi digital. “e-AIW merupakan penyempurnaan dari aplikasi SIWAK. Harapannya e-AIW ini akan seperti SIMKAH, dimana penerima layanan bisa melakukan pendaftaran secara online dengan cara mengupload langsung dokumen yang dipersyaratkan dalam pengajuan pensertifikatan tanah wakaf, sehingga semua dokumen teruploud terdokumentasikan secara digital lengkap dengan foto kegiatan dan lokasi tanah wakaf, posisi longitude dan latitudenya,” terangnya.

“Peserta Bimtek adalah Gara Zawa Kemenag Kabupaten/Kota se-Jateng. Setelah Bimtek di tingkat provinsi, diharapkan Gara Zawa melaksanakan sosialisasi e-AIW kepada para Kepala KUA kecamatan di wilayah masing-masing,” tuturnya.

“Harapannya dalam penginputan data dimaksud, masyarakat akan didampingi oleh petugas, dalam hal ini adalah Kepala KUA, Penyuluh Agama Islam PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan nonPNS, dan juga jajaran Gara Zawa. Untuk itu, kami akan segera membentuk tim dan mengadakan Bimtek atau sosialisasi aplikasi e-AIW,” sambungnya.

“Terkait waktu pelaksanaan, kami akan menunggu Juklak Pendaftaran Tanah Wakaf yang diatur dalam Kepdirjen Bimas Islam nomor 564 tahun 2022,” imbuhnya. Selain itu, dalam kesempatan tersebut Hanum juga menginformasikan reorganisasi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Semarang, telah ditandatanganinya perjanjian kerja sama antara Kankemenag Kota Semarang, Kantor Pertanahan Kota Semarang dan Perwakilan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kota Semarang, pelaksanaan rapat koordinasi semester I Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kankemenag Kota Semarang, dan program kerja yang akan dilaksanakan oleh UPZ dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77 dan bulan Muharam 1444 H.(Hanum/Jenggo/NBA/bd)