Tingkatkan Motivasi Belajar Kelas V Melalui Media Amplop Beraksi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Motivasi dalam belajar sangat penting untuk meraih prestasi yang diharapkan. Motivasi belajar itu sendiri adalah sebuah dorongan baik dari dalam diri sendiri maupun dari luar atau lingkungan. Dalam belajar tentunya motivasi sangat dibutuhkan untuk menambah semangat dan kegigihan dalam belajar demi tercapainya cita-cita.

Dalam pembelajaran di kelas V kemarin, Farida Fitriana, selaku guru kelas V menerapkan media pembelajaran melalui “Amplop Beraksi”. Tujuan dibuatnya amplop beraksi ini untuk mendobrak motivasi diri pada siswa kelas V agar semangat dalam belajar, tanggap dengan lingkungan dan aktif dalam kegiatan belajar mengajar, Rabu, (27/7)

Farida memberi nama amplop beraksi ini karena tempatnya menggunakan amplop dan kata beraksi ini adalah sebuah motivasi untuk anak-anak agar aktif semangat dan gigih dalam belajar serta tanggap dengan lingkungan. Amplop beraksi ini berisi kertas yang berbentuk bintang dengan di dalamnya bertuliskan “amazing card”.

Ada 2 warna kertas pada amplop beraksi ini. Yaitu warna orange dan biru. Siswa akan mendapatkan warna orange apabila ia aktif belajar, dapat menjawab pertanyaan dari guru seputar pelajaran dan berani maju di depan kelas untuk menjelaskan / mengungkapkan pendapatnya. Sedangkan warna biru ditujukan untuk siswa yang tanggap dengan lingkungan, yaitu yang peduli akan kebersihan, saling membantu baik membantu guru atau antar sesama teman sejawat. Nantinya di akhir semester jumlah terbanyak yang mendapatkan amplop beraksi akan mendapatkan reward tersendiri.

“Saya merasa senang dengan adanya amplop beraksi yang diberikan, belajar dan sekolah saya jadi lebih semangat, saya jadi bisa belajar lebih giat lagi untuk mendapatkan amplop beraksi karena amplop beraksi ini didapatkan ketika bisa menjawab pertanyaan dari guru, dan saya juga berlatih untuk bisa tanggap dengan lingkungan terkait kebersihan dan saling membantu sesama,” Ujar Ashfal salah satu siswi kelas V

Sangat mengasyikkan tentunya, terlihat ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung mereka sangat antusias dan aktif dalam belajar, apalagi ketika sudah mendapatkan amplop beraksi, kadang mereka saling berebut untuk menjawab pertanyaan dari guru. Proses seperti ini yang sangat di idam idamkan bagi semua pendidik. Dengan kegiatan belajar mengajar yang aktif dan semangat, tentunya menambah motivasi khususnya bagi peserta didik.

“Sebuah pembelajaran yang menarik bagi anak-anak kami, dengan adanya amplop beraksi anak saya jadi lebih semangat dalam belajar. Dan anak saya mempraktikkan pula di rumah,” Tutur salah satu wali murid kelas V di salah satu grup kelas. (ff/wk/rf)