Upacara HUT RI Ke-78, ASN Kemenag Karanganyar Kompak Berbusana Adat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Karanganyar – Upacara peringatan HUT RI ke-78 di Halaman  Upacara Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Karanganyar, Kamis, (17/8/2023) kental dengan nuansa tradisional.

Seluruh peserta upacara, termasuk para pengibar Bendera Merah-putih, inspektur, dan pemimpin upacara serta para petugas perangkat upacara kompak mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah.

Bertindak sebagai pembina upacara Kepala Kankemenag Karanganyar, Dr. Hanif Hanani, SH. MH  mengenakan pakaian adat Jawa lengkap dengan blangkon. ”Hari ini Kita mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di  Indonesia ada yang mengenakan adat Papua, Makasar, Jawa, Betawi dan masih banyak lagi, sebagai bentuk rasa memiliki kita terhadap budaya Indonesia,” ungkapnya.

Tak lupa Hanif mengapresiasi seluruh peserta upacara atas kesediaan dan kesiapan ASN Kankemenag Karanganyar mengenakan pakaian adat saat upacara.

Selanjutnya dirinya membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas.

“Sebagai kementerian yang mengemban fungsi pendidikan, maka menjadi tugas Kementerian Agama untuk mampu meningkatkan kualitas SDM pemuda Indonesia. Prestasi para siswa madrasah dan sekolah agama yang telah diraih harus memotivasi kita semua untuk berbuat lebih dalam mempersiapkan penduduk usia produktif yang kompeten menyongsong masa depan dan persaingan global. Berdasarkan International Institute for Management Development (IMD), daya saing Indonesia di 2022 naik dari rangking 44 menjadi 34, sebuah kenaikan yang sangat signifikan, tertinggi di dunia, dan ini tentu tidak lepas dari peran guru dan dosen binaan Kementerian Agama,” ucap Hanif Hanani.

“Sebentar lagi kita akan menyongsong tahun politik. ASN Kementerian Agama harus mampu menjadi perekat di tengah perbedaan pilihan masyarakat. Jangan sampai beda pilihan menjadi sebab perpecahan dan mengoyak jalinan silaturahim, persaudaraan, dan persatuan anak bangsa. ASN Kementerian Agama harus mampu mewarnai suasana agar Pemilu berlangsung dalam suasana gembira layaknya sebuah pesta yang kita sebut sebagai pesta demokrasi,” lanjutnya.

Setelah kegiatan Upacara dilaksanakan penyerahan Satya Lencana dan pembagian Hadiah Lomba HUT Ke – 78 oleh Kepala Kemenag Kab. Karanganyar.(ida/sua)