Upaya Pengembangan Pembelajaran PAI dan Penguatan Karakter Peserta Didik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Pengawas PAI Kemenag Kota Semarang, Bapak HM. Faojin, Senin, (03/04/2023) mengunjungi SD Islam Cahaya Ilmu guna memberikan pembinaan terkait layanan Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah.

Dalam kesempatan tersebut, Bapak Faojin memberikan arahan agar sekolah memberikan layanan penguatan karakter religius melalui kegiatan Ramadhan seperti, pesantren kilat, khotmil quran, dan buka bersama.

Imbauan tersebut bak gayung bersambut. Kepala sekolah pun menerangkan, telah mengagendakan kegiatan dimaksud pada Ramadhan tahun ini. “Insya Allah SD Islam Cahaya Ilmu akan mengadakan buka bersama yang akan diikuti oleh siswa kelas 1-4,” terang Ibu Umi Latifah selaku Kepala Sekolah.

“Pada kegiatan buka bersama nantinya direncanakan akan turut mengundang santri TPQ Masjid Baitur Rahman yang berlokasi di Jalam Kyai Abdul Manan Tlogosari Wetan,” sambungnya.

“Sedangkan untuk siswa kelas 5 dan 6 akan diadakan mabit yang akan diisi dengan beberapa kegiatan antara lain, buka bersama, tampilan anak didik, tausiyah, tadarus Alquran, kajian tentang baligh, qiyamul lail, zikir pagi, dan hikmah salat,” ungkapnya.

Hal ini mendapat apresiasi dari Bapak Faojin. Pada kesempatan itu, ia juga memberikan arahan kegiatan halal bihalal. “Kami menyarankan agar di momen Idul Fitri besok, peserta didik diajak untuk bersilaturahmi kepada Bapak/Ibu guru yang berdomisili dekat dengan sekolah, dengan maksud melatih anak supaya menghormati orang yang berilmu,” harapnya.

Pada bagian lain, Bapak Faojin berpesan agar sekolah memberikan penghargaan atas karya peserta didik sebagai bentuk pengembangan karakter pribadi yang kreatif dan percaya diri. “Mari kita biasakan menghargai karya anak didik sekalipun dengan cara yang sangat sederhana seperti, memajang hasil pendokumentasian mereka saat melaksanakan salat tahajud, atau membukukan certita bergambar dan karya fiksi peserta didik,” ujarnya.

Menandaskan arahan Bapak Faojin, Ibu Umi Latifah menyampaikan pesan kepada GPAI yang bertugas di sekolahnya, untuk menindaklanjuti arahan-arahan Pengawas PAI Kankemenag Kota Semarang tersebut.

Arif, Supri, dan Fida selaku GPAI SD Islam Cahaya Ilmu mengatakan, siap menindaklanjutinya. “Kami akan segera menindaklanjuti hal-hal apa saja yang perlu dilakukan dalam rangka pembentukan karakter siswa dan juga pengembangan pembelajaran PAI, utamanya pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini,” ungkap mereka.(Supriyanto/Faojin/NBA/bd)