Usai PAT, MTsN 4 Banjarnegara Adakan Perjumsa Pendidikan Karakter

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Usai pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) yang berlangsung selama delapan hari, MTs Negeri 4 Banjarnegara mengadakan kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu (Perjumsa) Pendidikan Karakter selama dua hari yaitu tanggal 17-18 Juni 2022, bertempat di madrasah. Kegiatan diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 dan 8. Perjumsa Pendidikan Karakter diselenggarakan dengan menggandeng personil dari Kwartir Cabang (Kwarcab) dan PMI Banjarnegara.

Perjumsa diadakan dalam rangka mengaplikasikan pendidikan karakter yang diwujudkan dalam serangkaian bentuk-bentuk kegiatan, dan pelaksanaannya dipantau langsung oleh bapak ibu guru selama dua hari. Tujuan Perjumsa Pendidikan Karakter ini adalah untuk lebih meningkatkan karakter para siswa dalam hal kedisiplinan, tanggung jawab, dan kepedulian.

“Walaupun mendidik karakter siswa tidak bisa instan dalam satu malam, namun kegiatan ini setidaknya bisa meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab serta kepedulian siswa, baik kepedulian terhadap lingkungan sekitar maupun kepedulian sosialnya,” jelas Sidik Wibowo, Kepala MTsN 4 Banjarnegara saat memberikan pengarahan kepada guru-guru sebelum dilaksanakannya acara Perjumsa.

Acara Perjumsa Pendidikan Karakter diawali dengan registrasi peserta pada pukul 13.00-13.30 WIB. Registrasi meliputi absensi dan pembagian ruang bagi peserta. Selanjutnya pada pukul 13.30 WIB dilakukan upacara pembukaan yang dihadiri oleh seluruh dewan guru dan tim dari Kwarcab Banjarnegara, dan bertindak selaku pembina upacara adalah Kepala MTsN 4 Banjarnegara, Sidik Wibowo Akhmad.

Susunan selengkapnya acara Perjumsa Pendidikan Karakter MTsN 4 Banjarnegara tahun 2022 adalah upacara pembukaan, kontrak kegiatan dan pembagian kelompok, PBB, sesi materi pendidikan karakter, ishoma, tadarus Al-Qur’an, mujahadah dan rukyah massal, mimpi indah, sholat tahajud, witir, hajat, istighosah, MCK, wide game, evaluasi kegiatan, serta terakhir adalah upacara penutupan dan pembubaran peserta.

“Semoga semua sesi acara sore ini (17/6) hingga besok pagi bisa terlaksana dan berjalan lancar, tertib, dan aman tentunya. Dan Alhamdulillah tadi acara pembukaan sudah dilakukan oleh kepala madrasah,  serta  semua personil hadir lengkap,” ujar Taufik, ketua panitia Perjumsa, memberikan keterangan kepada tim jurnalistik MTsN 4 Banjarnegara. (Khm/ak/rf)