Wahid Arbani Ajak Mahasiswa Tumbuhkan Sikap Toleransi Demi Menciptakan Harmonisasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

 

Purwokerto (Humas) – Dalam upaya mencegah penyalahgunaan narkotika dan implementasi moderasi beragama di kalangan mahasiswa, Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah mengadakan kegiatan “Pembentukan UKM dan Sosialisasi Moderasi Beragama dan Toleransi Antar Umat Beragama,” yang dilaksanakan di beberapa Universitas di wilayah Jawa Tengah.

Kegiatan yang bersinergi dengan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah tersebut digelar di Universitas Jendral Soedirman (Unsoed) Purwokerto, bertempat di Aula IAB Unsoed Purwokerto, Selasa, (21/02/22). Badan Kesbangpol Prov. Jateng Bersama-sama dan terus berupaya membangun generasi muda yang tangguh dan moderat.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang Ketahanan Bangsa Kesbangpol Prov. Jateng, Pradana Agung Nugraha, Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Wahid Arbani dan Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Kuat Puji Prayitno, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Norman Arie Prayoga dan diikuti oleh 60 perwakilan mahasiswa dari beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unsoed (Universitas Jenderal Sudirman) Purwokerto.

Kabag Tata Usaha, Wahid Arbani, selaku narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa soft skill yang harus dimiliki oleh mahasiswa adalah sikap kasih sayang yang tidak jauh dari sikap toleransi.

“Bahwa kita diciptakan bersuku-suku dan berbangsa-bangsa sehingga disebut sebagai multikultural yang menghasilkan keragaman budaya di Indonesia,” jelasnya.

Sehingga menurutnya, budaya lokal antara satu daerah dengan daerah lain tentunya berbeda beda. Tetapi dengan berbagai macam budaya yang berbeda apabila dikelola dengan baik akan muncul sikap toleransi dan menciptakan harmonisasi kerukunan umat beragama.

“Sabar menerima perbedaan, memahami perbedaan, dan tidak merasa paling benar,” pesan Wahid Arbani

Akulturasi budaya merupakan bagian dari kehidupan kita, sehingga dalam menghadapi perbedaan yang ada harus mengedapankan sikap toleransi.
Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan “Deklarasi Anti Narkotika” yang dibacakan oleh perwakilan mahasiswa Unsoed Purwokerto.(Adi_Sua/Rf)