Budayakan Madrasah Yang Berprestasi

Rembang – Madrasah yang mempunyai keunggulan pendidikan Islam harus mulai menciptakan mindset sebagai lembaga pendidikan yang selalu mencetak prestasi. Baik prestasi di tingkat daerah, Provinsi, bahkan hingga nasional.

Demikian dikemukakan oleh Kakankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah ketika memberikan sambutan pembukaan pada kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten Rembang, Sabtu (12/5).

Kegiatan upacara pembukaan tersebut diadakan di halaman MAN 1 Rembang dan dihadiri oleh seluruh peserta KSM, segenap pejabat Kankemenag, Kepala Madrasah negeri/swasta, dan tamu undangan lainnya.

Atho’illah mengatakan, untuk mewujudkan madrasah yang berprestasi, sleuruh elemen madrasah harus turut membantu dan mendukung untuk mewujudkannya.

“Budaya prestasi madrasah harus dibangun sehingga perlu dukungan dari semua elemen mulai dari kepala madrasah, komite, wali murid ataupun dari diri siswa sendiri,” tegas Atho’illah.

Sementara dalam pelaksanaan KSM ini, Atho’illah berharap agar para peserta berkompetisi dengan sportif. Demikian juga untuk para pengawas dan juri, harus mengedepankan objektivitas.

Atho’illah juga mengapresiasi kepada panitia yang dapat menyiapkan KSM ini dalam waktu yang sangat singkat. “Terima kasih untuk kerja kerasnya selama beberapa hari terakhir ini, sehingga KSM dapat terselenggara dengan lancar,” ujarnya.

Sebagai tanda pembukaan KSM, Atho’illah melepaskan balon disaksikan seluruh peserta upacara.

KSM ini akan digelar secara teori tertulis berbasis kertas pensil.KSM Tingkat Kabupaten ini diaksanakan sebagai persiapan KSM Tingkat Provinsi J awa Tengah yang akan digelar pada 25 Juli mendatang.Sedangkan KSM Tingkat Nasional akan diadakan pada 17 – 21 September 2018 di kota Bengkulu.

Adapun bidang studi yang dilombakan adalah, untuk MI : Matematika Terintegrasi dan sains IPA terintergrasi. Sementara untuk MTS yaitu Matematika terintegrasi ,IPA Terpadu terintegrasi dan IPS Terpadu terintegrasi. Sementara untuk tingkat MA adalah Matematika terintegrasi, Biologi terintegrasi,Fisika terintegrasi, Kimia terintegrasi, Ekonomi terintegrasi dan Biografi terintegrasi. — ss/bd