Cegah Wabah Covid19, Masjid Agung Rembang Tak Adakan Salat Id dan Kurban

Rembang – Sesuai imbauan Menteri Agama yang tertuang dalam SE nomor 17 tahun 2021, masjid Agung Rembang tidak menggelar salat Idul Adha dan kurban. Hal ini disampaikan oleh Kasi Bimas Islam Kemenag Rembang, Ali Muhyidin ketika diwawancara Selasa (20/7/2021).

Ali mengatakan, guna menindaklanjuti SE tersebut, pihaknya beserta jajaran KUA serta penyuluh telah mengadakan koordinasi dan sosialisasi dengan stakeholder, yaitu Forkompinda, Fokompincam,  DMI, MUI, takmir masjid serta pihak terkait lainnya agar tidak menggelar salat Idul Adha untuk umum. Hal ini sebagai upaya pemerintah untuk menekan pertambahan masyarakat terpapar covid19.

“Jauh-jauh sudah kita lakukan sosialisasi. Semua jajaran KUA dan penyuluh bergerak,” tandas Ali Muhyidin.

Sosialisasi tersebut ditindaklanjuti oleh takmir masjid. Contohnya, Masjid Agung Rembang dan Masjid Besar Kecamatan  Rembang tidak menggelar Salat Idul Adha. Namun Ali tak menampik, ada sebagian masjid di Kabupaten Rembang yang menggelar salat Idul, itupun di lingkungan zona hijau dan dilaksanakan dengan prokes ketat.

Ali Muhyidin mengatakan, para Kepala KUA serta jajarannya, termasuk Penyuluh sudah melaporkan hasil pantauan penyelenggaraan Idul Adha 1442 H ke link lapor.kemenag.go.id.

Muhammad Abror, Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Lasem mengatakan, Masjid Muhammadiyah, Desa Soditan, Kecamatan Lasem tidak menggelar salat Id. “Masjid ini ditutup, tidak mengadakan salat Idul Adha, juga tidak mengadakan kurban. Masjid ini sudah mengirimkan surat pemberitahaun kepada KUA Lasem,” kata Abror.

Masjid lainnya, yaitu Masjid Jami, Desa Ketanggi, Kecamatan Rembang. Masjid yang sebenarnya mempunyai banyak jemaah ini juga ditutup. Hal ini disampaikan oleh Penyuluh Agama Islam Fungsional, Moh. Shodiq.

“Masjid lainnya di Kecamatan Rembang yang tidak menggelar salat Idul Adha yaitu, masjid Al-Falah Sridadi, Masjid Attaqwa Kabongan Lor dan Nurul Huda , Masjid A-Jusman Kabongan Kidul, Masjid Al-Ittihad Sawahan, Masjid Al-A’la Desa Sukoharjo,dan Masjid Al- Hidayah, Desa Turusgede,” imbuh Penyuluh Agama kecamatan Rembang, Muthmainnah.

Siti Sofiati, Penyuluh Honorer Kecamatan Sulang menambahkan, masjid At-taqwa, Desa jatimudo rt 01 RW 04, Kecamatan Sulang juga tidak menyelenggarakan sholat idul Adha dan tidak menyelenggarakan kurban– iq/qq