Enam Siswa Dari Tiga Madrasah Negeri Di Bawu, Maju KMNR Nasional

Jepara – Sebanyak 6 siswa dari tiga madrasah negeri di Bawu Jepara, berhasil lolos ke babak final Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) se-Indonesia yang ke 14, Sabtu (30/03).

Ke enam siswa yang lolos tersebut yakni, Safaatul Maulidiya, M. Jalaluddin Royyan, (Kelas 1 dan 6 MIN 2 Jepara, Sabikah Putri Palista, Muhammad Nafis Khilmi Kafa, Muhammad Wahyu Ikhwansyah (Kelas 7 dan 8 MTsN 1 Jepara), dan Faisal Ulin Alamsyah, Kelas XI MIPA 1 MAN 1 Jepara.

Babak finalnya sendiri akan diselenggarakan besok pada hari Minggu, 28 April 2019 di Ecovention Hall Taman Impian Jaya Ancol Jakarta.

Kepala MIN 2 Jepara, Muhajir, menyampaikan bahwa madrasahnya selalu mengikuti lomba lomba baik bidang akademik maupun non akademik yang diselenggarakan oleh Kemenag, Kemdikbud maupun yang diselenggarakan oleh lembaga lembaga yang lain.  Salah satunya adalah yang diadakan oleh Klinik Pendidikan MIPA (KPM) dengan KMNR ini.

“Dengan mengikuti berbagai macam event lomba kami bisa memacu dan memotivasi para siswa untuk mengembangkan minatnya sesuai bakat dan bidang yang dimiliki,” ujar Muhajir.

Kepala MAN 1 Jepara, Ah Rif’an, mengungkapkan rasa syukur dan bahagianya atas lolosnya salah satu anak didiknya maju ke babak final KMNR Nasional.

“Dimana kaki berpijak, disitu prestasi terukir. Bersyukur atas apa yang telah diraih. Terus semangat meraih prestasi lebih tinggi,” ujar Rif’an.

Kepala MTsN 1 Jepara, Umi Hanik, juga tak lupa menyampaikan rasa bangganya pada anak didiknya. Umi mengungkapkan kunci kunci meraih juara ada tiga hal, yakni kegigihan siswa, peran madrasah, dukungan spiritual, dana dan waktu, kemudian suplemen pelatihan dari guru pembimbing, yang ketiga baru pembinaan dari luar seperti ikut bimbingan di lembaga pendidikan.

Sebelumnya, mengutip dari joglosemarnews.com, Klinik Pendidikan Mipa (KPM) pusat menyebut Semifinal KMNR 14 ini diselenggarakan di beberapa provinsi di Indonesia meliputi Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Riau, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat, Lampung, Jambi, dan Papua.

Tercatat ada 27.426 peserta yang merupakan siswa SD/MI, SMP/MTS dan siswa Sekolah SMA/MA yang berhasil menembus babak semifinal. Sebagai informasi tambahan, babak penyisihan Kompetisi Matematika Nalaria Realistik ke-14 sendiri diikuti oleh 88.546 peserta.

Babak semi final untuk wilayah Jawa Tengah diikuti 2.800 peserta dan telah digelar di di Hartono Trade Center Solo, Minggu (24/2/2019). Selain semi final KMNR 14 di lokasi yang sama juga diadakan olimpiade guru nasional (OGN). Untuk hasil semi final KMNR 14 baru diumumkan pada 28 Maret 2019. (fm/gt)