H. Fajar Adhy Nugroho : Pembibitan Siswa Berprestasi Itu Dimulai Dari MTs

* Kepala Bagian TU Kanwil Kemenag Prov. Jateng bersama Kemenag Kab. Batang dan Kasi Pendidikan Madrasah berpose bersama dengan para peserta KSM

Batang – Sukseskan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi tahun 2021 yang digelar secara online Kemenag Kab. Batang menggelar kegiatan uji coba pada jenjang MI/MTs dan MA menjelang kompetisi itu dilaksanakan. Uji coba ini dilaksanakan selama dua hari yaitu pada Minggu-Senin (19-20/09) yang lalu di aula lantai 2 Kemanag dan dimonitoring langsung oleh Kepala Bagian TU Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, H. Fajar Adhy Nugroho yang didampingi Kepala Kantor dan Kasi Pendidikan Madrasah.

Kabag TU Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah menegaskan, bahwa KSM pada tahun ini diharapkan dapat mengakomodir para siswa berprestasi dari seluruh jenjang.

“ Saya berharap KSM tahun ini dapat mengakomodir para siswa berprestasi disemua jenjang, baik MI, MTs, MA hingga Perguruan Tinggi,” tegas H. Fajar Adhy Nugroho

Dia juga mengharapkan adanya pembibitan awal dari MTs yang nantinya berlanjut ke MA hingga perguruan tinggi yang unggul. Harapan ini bertujuan supaya di kemudian hari akan melahirkan alumni berkualitas untuk direkomendasikan sebagai pegawai Kementrian Agama.

“ Agar kita dapat melahirkan alumni yang berkualitas, maka saya berharap pembibitan siswa berprestasi itu secara berjenjang dan terus menerus mulai MTs yang dilanjutkan ke MA hingga sampai Perguruan Tinggi yang unggul,” harapnya.

* Suasana Kompetisi Sains Madrasah (KSM) di aula lt. 2 Kemenag Kab. Batang

Sedangkan Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang H.M. Aqsho Dalam keteranganya menyampaikan, bahwa KSM merupakan ajang bergengsi berupa kompetisi bagi generasi millenial yang tidak lagi berbasis paper, tetapi telah beralih ke teknologi yang lebih canggih, yakni komputer. Soal KSM berbasis komputer ini telah disediakan melalui sistem yang dipersiapkan untuk memudahkan peserta dalam ajang KSM se-Provinsi Jawa Tengah.

“KSM telah memadukan antara Sains dengan agama yang meliputi Al Quran dan hadits, juga dipadukan dengan bahasa Arab dan bahasa Inggris dengan tujuan membentuk pemenang yang berkualitas. Oleh karena itu, juara KSM ini adalah generasi hebat terpilih yang baik wawasannya dalam hal sains maupun Agama,” jelasnya.

Sementara itu Kasi Pendidikan Madrasah H. Munif dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa KSM tingkat Provinsi Jawa Tengah diikuti oleh 33 peserta, yang terdiri dari 18 siswa Madrasah Aliyah (MA), 9 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan 6 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI).

“Alhamdulillah, acara KSM tingkat Provinsi di Kabupaten Batang kali ini dapat berjalan lancar tanpa suatu kendala apapun. Dan saya berharap, semoga berkat terlaksananya KSM ini dapat menemukan siswa terpilih yang akan mewakili Kabupaten Batang untuk mengikuti ajang KSM di tingkat Nasional,” pungkasnya . (Batang Jateng/ Laura / Zy)