H.M. Aqsho : Moderasi Beragama Dimulai Dari Keluarga Yang Sakinah

* Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang H.M.Aqsho didampingi Kasi Bimas dan Kepala KUA Kec. Subah membuka bimbingan perkawinan di balai nikah

Batang – Untuk memberikan pemahaman arti pentingnya pernikahan dalam syariat Islam, KUA Kecamatan Subah menggelar bimbingan perkawinan pra nikah untuk 10 pasang calon pengantin kemaren pada Senin-Selasa (08-09/11) bertempat di balai nikah. Materi yang disampaikan cukup beragam dengan nara sumber yang kompeten diantaranya Moderasi beragama, Perkawinan Kokoh menuju keluarga sakinah, generasi berkualitas, Mengelola psikologi dan dinamika keluarga,  menjaga kesehatan reproduksi dan memenuhi kebutuhan keluarga.

Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang H.M. Aqsho dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa Keluarga Sakinah adalah keluarga yang telah dapat memenuhi seluruh kebutuhan keimanan, ketaqwaan dan akhlakul karimah secara sempurna,

“ Ada 3 hal yang dijadikan tolok ukur keluarga sakinah, bila ke 3 itu ada maka keluarga itu benar-benar sakinah yaitu terpenuhinya Keimanan, ketaqwaan dan ahlakul karimah,” kata H.M. Aqsho .

Dia juga menegaskan bahwa kebutuhan untuk menjaga keseimbangan beragaman agama juga menjadi landasan dalam pengelolaan keluarga.

“ Moderasi beragama itu dimulai dari keluarga, artinya dalam keluarga sakinah harus dapat mewujudkan sikap keseimbangan dan toleran terhadap kenyataan adanya keberagaman agama di lingkungan kita, bila itu ditanamkan pada semua anggota keluarga sehingga moderasi beragama akan terwujud,” tambahnya.

* Kasi Bimas Islam H. Sodikin sedang menyampaikan materi binwin pra nikah di balai nikah KUA Kecamatan Subah

Sementara itu Kepala KUA Kec.  Subah, H.M.Zaki Ali Ridlo dalam sambutan  penutupan  menyampaikan terimakasih pada seluruh pemateri sesuai bidangnya masing-masing, baik Kasi Bimas, petugas PLKB,penyuluh agama Islam maupun Dinas Kesehatan.

“ Kami sampaikan terimakasih pada seluruh pemateri yang telah menyampaikan materi sesuai dengan bidangnya masing-masing, sehingga para peserta dapat mengambil manfaatnya,” kata H.M. Zaki Ali Ridlo.

Dia berharap binwin ini dapat memberikan bekal bagi para Catin dalam menetapkan harapannya di kehidupan rumah tangganya.

“ Dengan materi yang telah disampaikan pada peserta selama 2 hari ini, kami berharap para catin dapat mengambil manfaat sebagai bekal mengarungi bahtera perkawinan yang akan dijalankan,” tuturnya.

Salah satu peserta Helmi Budi Prasetyo menyampaikan terimakasih kepada KUA Kec. Subah yang telah memberikan kesempatan pada diri dan calon pasangannya mengikuti kegiatan binwin sebagai bekal untuk berumah tangga yang sangat bermanfaat itu.

” Kami mengucapkan terimakasih kepada KUA Kec. Subah yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mengikuti kegiatan binwin yang sangat bermanfaat bagi kami, apalagi kami akan segera memasuki kehidupan berumah tangga”. Ungkapnya. ( Zaki / Zy )