Kontingen Sippa Dhamma Samajja Jawa Tengah Siap Ikut Tanding ke Tingkat Nasional

Semarang (Humas) – Kanwil Kementerian Prov. Jateng mendukung putra putri kebanggaan Jawa Tengah dalam ajang kompetisi Sippa Dhamma Samajja (SDS). Pada Kamis (20/5) di ruang rapat PTSP,  Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta'in Ahmad memberikan pengarahan sekaligus restu kepada putra putri wakil Jawa Tengah yang akan mengikuti perlombaan SDS Nasional supaya senantiasa diberikan kesuksesan dan membawa nama baik Provinsi Jawa Tengah dikancah nasional dan menjadi Juara.

Tampak hadir mendampingi Kakanwil, I Dewa Made Artayasa selaku Plt Pembimas Buddha, dan perwakilan dari para Kontingen yang akan mengikuti perlombaan. Kakanwil berpesan bila seseorang ingin memenangkan sebuah pertarungan, dalam hal ini adalah perlombaan, maka perlu menyiapkan diri dengan berlatih dan selalu belajar, bersikap optimis namun jangan sampai menjadi sombong.

 

“Cristiano Ronaldo untuk menjadi seorang pemain sepak bola terbaik pasti akan berusaha dan berlatih segiat mungkin, pasti pernah jatuh, tergores, berdarah-darah dan berkeringat untuk bisa menjadi juara,” ucap Kakanwil.

 

“Hadapi semuanya dengan optimis, saya yakin kalian telah berlatih, telah belajar dan menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Apapun hasilnya jangan pernah sampai membuat kita patah semangat, namun ingat jangan pernah menjadi jumawa karena diatas langit masih ada langit,” tegasnya.

 

SDS merupakan ajang kompetisi edukatif yang bertujuan meningkatkan kreativitas, keterampilan, dan pengembangan inovasi pelajar beragama Buddha melalui ajang perlombaan pada jenjang SD, SMP dan SMA/K yang terdiri dari lomba:

1.  Dhamma gita Putra dan Putri (menyanyi lagu rohani Buddha)

2.  Dhammavijja (Cerdas Cermat materi agama Buddha)

3.  Dhamma  Vikata (Cerita bergambar)

4.  Dhammapada (Membaca/ melafalkan syair kitab suci)

5.  Dhammakatha (Pidato Buddhis)

6.  Dhammakkhayika (Bercerita Buddhis)

Kontingen Sippa Dhamma Samajja Prov. Jawa Tengah berjumlah 35 orang terdiri dari Ketua, Official 4 orang, peserta lomba 30 peserta didik dari Jenjang, SD, SMP, SMA/K. Saat ini hadir perwakilan kontingen yang berasal dari kab. Temanggung mengingat suasana pandemi covid 19, dan sebagian besar dari kontingen sedang melaksanakan pengambilan video lomba selain lomba Dhammavijja (Cerdas Cermat) dari tanggal 17 Mei – 2 Juni 2021, dibeberapa Kabupaten tempat asal Kontingen yakni di Kab. Temanggung, Kab. Wonogiri, Kab. Boyolali, Kab. Semarang, Kab. Pati, dan Kabupaten Banjarnegara.

 

Pada akhir arahannya, Kakanwil mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dan telah memberikan pembinaan kepada putra-putri terbaik perwakilan Jawa Tengah dalam ajang SDS, semoga lelah seluruh pembina menjadi amal kebaikan bagi kita. (pqq)