Jamun: KBIH Berkewajiban Mendukung Seluruh Program Pemerintah

Cilacap – Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), sebagai lembaga di bawah binaan Kementerian Agama berkewajiban mendukung seluruh program pemerintah. Tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan ibadah haji. Yakni fungsi pembinaan calon jamaah haji menuju kemandirian sehingga jamaah haji akan merasa nyaman selama beribadah.

Demikian dikatakan Kakankemenag Kab. Cilacap, Jamun, pada Rapat Koordinasi Rencana Perjalanan Haji Daerah, Jum’at (11/5) di Ruang Rapat Kankemenag.

Ditegaskan pula bahwa, pengelola KBIH harus loyal kepada pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama. Meskipun KBIH sudah memberikan bekal manasik, bukan berarti kegiatan manasik dari pemerintah tidak penting lagi. Ranah KBIH hanya sebatas jamaah yang menjadi anggotanya. Sedangkan pemerintah meliputi seluruh jamaah yang terdiri atas enam KBIH secara umum. Sehingga harus diikuti untuk menciptakan kebersamaan menuju haji yang mabrur.

“Yang harus dipahami bersama adalah pentingnya menjaga kebersamaan dan kekompakan selama prosesi ibadah haji. Sedangkan usaha tersebut secara kenyataan tidaklah mudah disebabkan jumlah masa yang sangat banyak. Karenanya, KBIH harus proaktif terhadap seluruh program manasik yang digelar pemerintah. Sehingga akan terjalin komunikasi dan koordinasi menuju satu pemahaman teknis pelaksanaan. Endingnya, seluruh jamaah akan betul-betul sadar bahwa ibadah haji memerlukan kebersamaan dan kekompakan untuk menjadi haji mabrur,”pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Cilacap Taufik Urrohman menegaskan pula bahwa, KBIH dapat berjalan baik karena bimbingan dari Kemenag. Sehingga kewajiban KBIH terhadap pemerintah juga harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin. KBIH merupakan salah satu lembaga yang berkaitan dengan layanan publik. Karenanya, KBIH harus betul-betul mengistimewakan masyarakat.

“Jangan sampai KBIH mengecewakan masyarakat. Bagaimanapun KBIH adalah pelayan dan jamaahnya merupakan majikan yang harus dilayani sebaik mungkin. Buatlah mereka betul-betul merasa nyaman dengan layanan KBIH. Kenyamanan merupakan pangkal tolak kepuasan jamaah. Saya juga berharap seluruh persoalan terkait informasi teknis pemberangkatan selesai di KBIH. Sehingga pemerintah tidak disulitkan lagi saat pemberangkatan karena banyaknya perbedaan permintaan jamaah yang harus dipenuhi,ungkapnya.

Menanggapi pernyataan tersebut, Ketua Forum KBIH, Wasimin menyambut baik apa yang disampaikan Kakankemenag maupun Ketua Komisi D DPRD Cilacap. Pihaknya akan selalu bekerja untuk mengabdi kepada jamaah. Sehingga tidak ada alasan untuk tidak taat kepada aturan maupun program pemerintah.(On/bd)